Jadi Titik Kemacetan, Rest Area Diberlakukan Buka Tutup Selama Mudik

Sabtu, 16 April 2022 - 06:27 WIB
loading...
Jadi Titik Kemacetan, Rest Area Diberlakukan Buka Tutup Selama Mudik
PT Jasa Marga akan memberlakukan buka tutup di seluruh rest area untuk menghidari kemacetan saat mudik. Foto/Dok SINDOnews
A A A
BEKASI - Arus Mudik 2022 diprediksi bakal padat. Salah satu penyebabnya keberadaan tempat istirahat atau Rest Area yang penuh membuat padat arus lalu lintas di tol. Untuk itu, akan dilakukan pembatasan selama 30 menit selama mudik.

Mengantisipasi hal tersebut, PT Jasa Marga (Persero) Tbk telah mempersiapkan beberapa skema mengatasi kepadatan lalu lintas di tol saat mudik. Rest Area diperkirakan menjadi salah satu titik kepadatan yang perlu waspadai Jasa Marga.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, salah satu antisipasi kepadatan di rest area yaitu memberlakukan buka tutup, ketika kondisi rest area sudah melebihi kapasitas.

”Kami juga akan memberlakukan buka tutup jika sudah terlalu penuh rest area di satu titik, kita akan tutup dan kita arahkan ke rest area berikutnya,” kata Heru dalam keterangannya, Sabtu (16/4/2022).

Tidak hanya itu. Pihaknya juga akan menerapkan beberapa kebijakan di rest area yang akan dikordinasikan dengan pihak kepolisian untuk menghindari kepadatan dengan memberlakukan batas waktu bagi pemudik di rest area maksimal 30 menit.

“Kita juga imbau pengguna jalan yang menggunakan rest area untuk membatasi waktunya, karena nanti akan ada semacam pembatasan waktu, bukan untuk apa-apa, tapi biar supaya terjadi giliran, dengan pengguna jalan yang lainnya,” ucapnya.



Selain itu, melakukan penambahan fasilitas peturasan portable, ketersediaan air bersih, penambahan petugas kebersihan dan keamanan, dan memastikan ketersediaan BBM, bengkel, layanan top up juga dilakukan untuk mendukung kelancaran mudik tahun 2022 ini.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2486 seconds (0.1#10.140)