Ini 6 Tuntutan Mahasiswa dalam Demo 11 April 2022 Besok

Minggu, 10 April 2022 - 13:01 WIB
loading...
Ini 6 Tuntutan Mahasiswa dalam Demo 11 April 2022 Besok
Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menggelar aksi di Kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, pada Senin 28 April 2022 lalu.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa yang tergabung dalam BEM Seluruh Indonesia (SI) akan menggelar aksi demonstrasi di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin 11 April 2022. Ribuan mahasiswa diperkirakan akan turun dalam unjuk rasa ini.

Koordinator Pusat BEM SI Kaharuddin mengatakan, demo 11 April mendatang akan lebih besar dari sebelumnya dengan melibatkan mahasiswa dari Jabodebatek dan seluruh Indonesia.”Akan lebih besar dari aksi-aksi sebelumnya,” kata Kaharuddin, Minggu (10/4/2022).

Menurut dia, Senin 11 April menjadi puncak gelombang pertama gerakan mahasiswa yang dimulai tanggal 28 Maret 2022 sebagai pemantiknya. Untuk itu, ada 6 tuntutan yang akan disuarakan besok oleh lautan mahasiswa di Jakarta. Baca juga: Tak Masuk Aliansi, Ini Sikap BEM UI Terkait Demo 11 April

Adapun tuntutannya berupa:

1. Mahasiswa menuntut Presiden Joko Widodo bersikap tegas menolak dan memberikan pertanyaan sikap terhadap penundaan Pemilu 2024 atau masa jabatan tiga periode, karena sangat jelas mengkhianati konstitusi.

2. Mahasiswa mendesak Presiden Jokowi untuk menunda dan mengkaji ulang UU IKN termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah, serta dampak yang ditimbulkan dari aspek lingkungan, hukum, sosial ekologi, dan kebencanaan.

3. Mahasiswa menyinggung soal bahan pokok dan kelangkaan minyak goreng. Presiden Jokowi untuk bisa menstabilkan harga dan ketersediaan bahan pokok di masyarakat.

4. Mahasiswa meminta Presiden Jokowi mengusut tuntas para mafia minyak goreng serta mengevaluasi kinerja menteri terkait. Baca juga: Kemendikbudristek Larang Siswa STM Ikut Demo 11 April

5. Mahasiswa juga menuntut penyelesaian konflik Agraria.

6. Mahasiswa meminta presiden dan wakil presiden berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji kampanye di sisa masa jabatannya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3273 seconds (10.101#12.26)