Siapa Tak Kenal Blok M? Tempat Nongkrong Anak Muda dari Masa ke Masa

Sabtu, 09 April 2022 - 07:02 WIB
loading...
Siapa Tak Kenal Blok M? Tempat Nongkrong Anak Muda dari Masa ke Masa
Pusat perbelanjaan Blok M Square, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Siapa yang tidak mengenal Blok M? Kawasan yang terletak di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan , ini selalu jadi favorit anak muda .

Pusat perbelanjaan, wisata kuliner, daerah bernuansa Jepang, hingga berbagai tempat yang instagramable bisa ditemukan di sini. Sejak dulu Blok M memang jadi pusat gaya hidup warga Jakarta. Baca juga: Asal Usul Kebayoran, dari Penimbunan Kayu hingga Jadi Kawasan Elite di Jakarta

Pada zaman koloni Belanda, pemerintah melakukan serangkaian pembenahan wilayah Batavia. Menurut sejarawan Asep Kambali, kawasan Selatan dibangun menjadi kota satelit pada tahun 1940. Lalu pembangunan tersebut dilanjutkan oleh Presiden Soekarno pasca kemerdekaan.

Dibuat jalan penghubung yang sekarang dikenal sebagai Jalan Sudirman Thamrin. Kota satelit ini kemudian dibagi menjadi beberapa blok, mulai dari Blok A hingga Blok S. Nah, kawasan Blok M lalu didapuk sebagai sentra bisnis, perbelanjaan, hingga terminal dalam kota.



Di era 80-an dan 90-an, Blok M sudah jadi tempat nongkrong anak muda metropolitan. Pada masa itu sudah banyak mal yang jaraknya berdekatan satu sama lain, mulai dari Pasaraya, Melawai, Blok M Mal, dan Pasar Mayestik.

Para anak muda yang rata-rata masih duduk di bangku SMA mejeng untuk cuci mata, cari hiburan, belanja, atau cari cinta. Zaenuddin HM dalam bukunya yang berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe terbitan tahun 2012 menyebut, banyak ABG yang nongkrong di Blok M sejak sore hingga malam hari.

Saking terkenalnya, Helmy Yahya bahkan mengangkat aktivitas anak muda ini menjadi sebuah film berjudul “Blok M”, yang dibintangi oleh Deasy Ratnasari dan Paramitha Rusady. Baca juga: Asal Usul Senayan, Sebutan Tuan Tanah Asal Bali Bernama Wangsanayan

Blok M juga dulu dipadati oleh orang-orang Jepang. Di sekitar Jalan Melawai, banyak restoran Jepang dan mess untuk ekspatriat Jepang. Namun, ketika Aldiron Plaza berubah jadi Blok M Square membuat orang-orang Jepang angkat kaki.

Seolah tidak kehabisan akal, para pemilik kedai Jepang pun mendirikan pusat hiburan malam dan karoke khusus orang Jepang, termasuk keberadaan panti pijat dan klub malam yang bernuansa ala negeri Sakura. Sampai sekarang, kawasan Melawai dikenal sebagai Little Tokyo dan tiap tahun menyelenggarakan festival seni dan kuliner Jepang bernama Eniichisai.

Sampai sekarang pamor Blok M tidak berubah. Kemudahan akses pada saat ini membuat semakin banyak orang yang mengunjunginya. Terlebih lagi, sekarang sudah dibangun art space khusus anak muda.

Termpat itu diberi nama M Bloc Space. Diresmikan pada 26 September 2019, M Bloc Space menyajikan tempat nongkrong bernuansa retro, yang dilengkapi dengan panggung live music, kafe-kafe hits, hingga berburu piringan hitam.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1756 seconds (11.210#12.26)