Cegah SOTR, Polisi Jaga Ketat 13 Kawasan di Jakarta

Kamis, 31 Maret 2022 - 12:26 WIB
loading...
Cegah SOTR, Polisi Jaga Ketat 13 Kawasan di Jakarta
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo. Foto: Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya mulai melakukan persiapan dalam mengamankan Ibu Kota Jakarta selama bulan Ramadhan . Salah satunya terkait antisipasi kegiatan Sahur On The Road ( SOTR ) yang kerap muncul selama bulan puasa.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, setidaknya ada 13 kawasan yang ditenggarai kerap menjadi tempat SOTR sejumlah komunitas. Belasan kawasan itu akan dijaga ketat oleh petugas.

"Beberapa kawasan yang ditengarai sering dijadikan sebagai tempat kegiatan semacam SOTR ada 13 kawasan. Lima kawasan menjadi tanggung jawab Polda, kemudian dua kawasan tanggung jawab Polres Jakpus, dua kawasan tanggung jawab Polres Jakut, satu kawasan tanggung jawab Polres Jakbar, dua kawasan Polres Jaksel dan satu kawasan jadi tanggung jawab Polres Jaktim," terang Sambodo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Sambodo mengatakan, 13 kawasan itu akan dilakukan filterisasi. Kegiatan itu bakal dilakukan sejak 2 April hingga 2 Mei 2022 tiap pukul 01.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

Menurut Sambodo, petugas akan mendirikan pos pengamanan di 13 kawasan tersebut. Tiap kendaraan di rentang waktu filterisasi dan ditenggarai akan melakukan SOTR akan dibubarkan.

"Untuk yang menjadi tanggung jawab Polda adalah jalan Sudirman-Thamrin. Kita akanmelakukan filterisasi artinya kendaraan-kendaraan masih bisa melintas, namun apabila ada rombongan-rombongan yang dicurigai melaksanakan SOTR atau balapan liar, tawuran, dan sebagainya, maka akan secara otomatis anggota akan melaksanakan penindakan," jelas Sambodo.

Sambodo mengatakan, kawasan Sudirman-Thamrin akan ditutup mulai dari Bundaran Senayan sampai Patung Kuda selama masa filterisasi berlangsung. Personel dari lalu lintas dan Sabhara akan rutin berjaga di lokasi.



Sambodo mengatakan titik berikutnya yang juga akan dilakukan filterisasi berada di Jalan Gunawarman, Senopati, hingga kawasan SCBD.

"Dari bursa efek itu semua termasuk SCBD yang berbatasan dengan jalan Senopati itu ditutup. Jalan Gunawarman kita sekat mulai dari KFC, kemudian pertigaan Apotek Senopati sampai ke Jalan Suryo," jelas Sambodo.

Lebih lanjut kawasan yang juga menjadi perhatian Polda Metro Jaya terkait penjagaan terhadap kegiatan SOTR berada di kawasan Jalan Asia Afrika. Polisi juga bakal melakukan penutupan jalan selama kebijakan filterisasi berlangsung.

"Kawasan yang ketiga yang menjadi tanggung jawab Polda adalah kawasan Jalan Asia Afrika. Mulai dari Bundaran Moestopo sampai Hotel Fairmont, sampai samping Hotel Mulia, hingga Gerbang Pemuda. Kemudian wilayah yang menjadi atensi kita juga adalah kawasan Jalan Bulungan-Mahakam dan Barito. Itu juga sering menjadi lokasi SOTR," pungkas Sambodo.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1120 seconds (0.1#10.140)