Selama ini, saringan sampah sungai di DKI salah

Sabtu, 16 Maret 2013 - 16:57 WIB
Selama ini, saringan sampah sungai di DKI salah
Selama ini, saringan sampah sungai di DKI salah
A A A
Sindonews.com -Pemprov DKI Jakarta menganggap penanganan sampah yang menyumbat di sungai selama ini di anggap salah. Hal itu dinyatakan Dinas Pekerjaan Umum (PU), Manggas Rudy Siahaan. Dia berpendapat saringan sampah harusnya berbentuk miring, bukan tegak lurus.

"Ini yang salah dari sebelumnya. Intinya, Nanti saringannya secara teknis kan dia miring," ujar Siahaan, saat di hubungi, Jakarta, Sabtu (16/3/2013).

Lebih lanjut Siahaan menjelaskan, jika saringan sampah itu berbentuk miring, maka secara langsung tidak akan menghalangi arus air. Berbeda jika saringan sampah itu berbentuk tegak lurus, maka sampah yang mengalir disungai akan terbendung oleh saringan tersebut.

"Kalo miring dia tidak menghalangi arus air. Kecuali kalo tegak lurus, dia membendung kan. Ini kan miring," terang Siahaan.

Selain yang di sungai, di teluk Jakarta pun demikian, penanganan sampah yang menggenangi teluk juga akan dilakukan hal yang serupa, yakni akan di lakukan penyaringan sampah dengan model miring.

"Di teluk Jakarta juga sama. Ya, kalo misalnya di masing-masing batas wilayah itu tertahan, kemudian diangkat kan," paparnya.

Rencana pembuatan saringan sampah itu di lakukan dalam rangka menjalankan intruksi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta agar secepatnya dilakukan penanganan sampah yang mengalir di sungai-sungai di Jakarta.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7304 seconds (0.1#10.140)