Tilang ETLE Tetap Tindak Pelat RFS dan RFQ, Tidak Ada Kompromi!

Selasa, 29 Maret 2022 - 15:13 WIB
loading...
Tilang ETLE Tetap Tindak Pelat RFS dan RFQ, Tidak Ada Kompromi!
Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berlaku di 7 ruas jalan tol Jakarta mulai Jumat (1/4/2022). Seperti ETLE di 13 ruas jalanan Jakarta, tilang juga berlaku bagi seluruh kendaraan tanpa terkecuali. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berlaku di 7 ruas jalan tol Jakarta mulai Jumat (1/4/2022). Seperti ETLE di 13 ruas jalanan Jakarta, tilang juga berlaku bagi seluruh kendaraan tanpa terkecuali. Termasuk kendaraan berpelat nomor khusus seperti RFS dan RFQ.

"Semua berlaku termasuk RFS sama seperti ganjil genap. Kami akan kirim ke instansi yang tertera di alamat kendaraan tersebut," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Selasa (29/3/2022).
Baca juga: Balapan Liar hingga Blokade Jalan Sudirman Terungkap Berkat Kamera ETLE dan CCTV

Penilangan melalui kamera ETLE berlaku 24 jam. Tilang juga akan dikenakan bagi pelanggar kecepatan dan pelanggar beban muatan.

Kamera ETLE pelanggaran kecepatan disebar di lima ruas jalan tol yakni Tol Jakarta-Cikampek, Tol MBZ, Jalan Tol Sedyatmo ke arah Bandara Soekarno-Hatta, Jalan Tol Dalam Kota, serta Jalan Tol Kunciran Cengkareng. Sementara, dua tol yakni Tol JORR dan Tol Jakarta-Tangerang untuk pelanggaran batas muatan.

Apabila kendaraan melaju di atas 100 km per jam maka akan otomatis tercapture kamera ETLE. Pelanggaran terhadap batas kecepatan dikenakan Pasal 287 ayat 5 UULAJ dengan ancaman kurungan dua bulan atau denda Rp500 ribu.

Sedangkan, kendaraan melebihi muatan khususnya angkutan barang akan dikenakan Pasal 307 UULAJ dengan ancaman kurungan dua bulan atau denda Rp200 ribu.
Baca juga: Kapolri Akan Gunakan ETLE Mobile untuk Wilayah yang Belum Tercakup ETLE Stasioner
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)