4 Penyebab Tawuran Pelajar di Jakarta, Nomor 2 Bikin Miris

Minggu, 27 Maret 2022 - 06:19 WIB
loading...
A A A
Penyebab tawuran pelajar yang berikutnya datang karena faktor keluarga. Keluarga memiliki peran besar dalam membimbing dan mendidik anaknya untuk menghindari hal-hal menyimpang yang mungkin diperbuatnya.

Namun, pada kenyataannya, banyak ditemui orang tua atau keluarga yang terkesan tidak peduli dengan apa yang dilakukan anaknya di luar sana. Mereka beralasan bahwa anaknya sudah cukup besar dan dewasa sehingga bisa memilah mana yang benar dan mana yang salah.

Selain itu, kondisi keluarga yang kerap terjadi tindak kekerasan juga bisa berpengaruh pada psikologis anak. Hal tersebut bisa menjadikan anak tumbuh dengan kecenderungan untuk suka menimbulkan masalah dan berakhir dengan perkelahian.

3. Terpengaruh Media

Penyebab tawuran pelajar yang selanjutnya adalah karena pengaruh dari media. Era kemajuan teknologi saat ini memudahkan masyarakat dari segala umur, termasuk remaja untuk mengakses segala hal yang berhubungan dengan Internet.

Dalam hal ini, pelajar yang notabenenya sedang berada dalam masa peralihan ke dewasa dan sedang mencari jati diri, akan sangat mudah terpengaruh dengan hal-hal yang dilihatnya. Sebagai contoh, ketika pelajar terlalu sering menonton film tentang tawuran atau bermain game-game tawuran yang mengandung unsur kekerasan, hal tersebut bisa membuat pelajar ingin melakukannya secara langsung.

Hal ini bisa menyulut dirinya untuk mulai memprovokasi teman-temannya serta orang lain untuk terlibat tawuran, karena dia menganggap bahwa sosok yang ada di film-film tawuran sekolah itu sangat keren, sehingga dia ingin terlihat untuk menjadi sepertinya.

Kemudian selain pengaruh dari film dan game, penyebab tawuran juga bisa berasal dari sosial media. Tidak bisa dipungkiri bahwa hampir sebagian besar pelajar saat ini sudah cukup mengenal teknologi, dan tentunya mereka juga memiliki akun sosial media. Dalam hal ini, tawuran pelajar bisa terjadi karena salah satu pelajar memprovokasi pelajar lain di sosial media dan berakhir dengan tawuran.

4. Tidak Bisa Mengontrol Diri

Penyebab tawuran pelajar yang berikutnya adalah karena pelajar tidak bisa mengontrol diri. Usia remaja merupakan sebuah masa dimana remaja mengeksplorasi berbagai hal yang ada dengan tujuan untuk mencari jati dirinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)