Peduli Kemanusiaan, Mahasiswa Papua Barat Donor Darah di PMI Jakarta Timur

Selasa, 22 Maret 2022 - 17:34 WIB
loading...
Peduli Kemanusiaan, Mahasiswa Papua Barat Donor Darah di PMI Jakarta Timur
Himapabar melakukan aksi donor darah di Palang Merah Indonesia Jaktim yang terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Jakarta Timur, Selasa (22/3/2022). Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Himpunan Mahasiswa Papua Barat (Himapabar) melakukan aksi donor darah di Palang Merah Indonesia ( PMI ) Jakarta Timur yang terletak di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Jakarta Timur , Selasa (22/3/2022). Tercatat ada 58 orang mahasiswa dari berbagai daerah di Papua yang mengikuti aksi kemanusiaan tersebut.

Ketua PMI Jakarta Timur HR Krisdianto mengatakan, UDD PMI Jakarta Timur selama masa pandemi mengalami krisis stok darah, sementara kebutuhan permintaan darah dari rumah sakit harus dipenuhi. Karena memang ada banyak pasien yang secara rutin membutuhkan transfusi darah.

"Saya berharap ini bukan yang pertama kali, lakukan kegiatan seperti ini secara rutin untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan darah," kata Krisdianto di Jakarta.

Sebelum melakukan donor darah, kata dia, calon pendonor terlebih dahulu mengisi formulir pendaftaran kemudian melakukan skrining atau pengecekan kesehatan untuk mengetahui apakah calon pendonor telah memenuhi syarat atau belum. Skrining meliputi pengecekan berat badan, hemoglobin, golongan darah, tekanan darah, dan lainnya.

Kabid Kemitraan dan Komunikasi PMI Jakarta Timur Rasminto mengaku bersyukur pelaksanaan donor darah Himapabar peduli berjalan lancar.



"Semoga kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan kerjasama-kerjasama kegiatan sosial lainnya dalam membantu kesulitan masyarakat, khususnya dalam kegiatan kemanusiaan," kata Rasminto.

Sementara UDD PMI DKI Jakarta Dr Endang Pratiwi menekankan, pelaksanaan donor darah tidak diperuntukkan bagi mereka yang mengidap HIV/AIDS, memiliki riwayat penyakit Hepatitis B, sedang hamil, sedang menyusui dan lainnya seperti yang telah tercantum di formulir kuesioner donor.

Sementara itu, Pengurus Himapabar Malkin Kosepa mengapresiasi PMI Jakarta Timur yang dengan tangan terbuka menerima para mahasiswa asal Papua untuk mendonorkan darahnya. Dia mengatakan, selain tinggal di Jabodetabek-Banten, para mahasiswa yang hadir juga ada yang datang dari Bandung, Jawa Barat.

"Himapabar akan terus melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang bermanfaat untuk lingkungan dan manusia," kata mahasiswa Polimedia asal Teluk Bintuni ini.

Sebelumnya Himapabar telah melakukan kegiatan pelestarian lingkungan di DAS Ciliwung, di antaranya menanam pohon dan menebar benih bibit ikan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2721 seconds (0.1#10.140)