Profil Kombes Pol Indra Jafar, Muazin Bersuara Merdu yang Ungkap Banyak Kasus Pembunuhan

Minggu, 13 Maret 2022 - 05:49 WIB
loading...
Profil Kombes Pol Indra Jafar, Muazin Bersuara Merdu yang Ungkap Banyak Kasus Pembunuhan
Kombes Pol Indra Jafar merupakan mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan yang kini masih perwira menengah aktif di Polri. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Kombes Pol Indra Jafar merupakan mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan yang kini masih perwira menengah aktif di Polri. Saat ini ia menjabat Kepala Sub Direktorat Manajemen Operasional dan Rekayasa (Subdit Jemenopsrek) Korlantas Polri.

Kombes Indra Jafar menjabat Kapolres Metro Jakarta Selatan pada periode Maret 2018 hingga 2 Agustus 2019. Kombes Indra Jafar merupakan lulusan Akpol 1995 yang berpengalaman dalam bidang lantas. Hampir sebagian besar kariernya ia habisnya di bidang lantas.

Pria kelahiran 16 April 1974 ini sempat menjadi perbincangan pubik kala hadir di tengah-tengah jutaan massa Aksi 212 atau Aksi 2 Desember 2017. Saat Aksi 212 yang berlangsung di Lapangan Monas tersebut, ia bertindak sebagai muazin pada salat Jumat kala itu. Foto-fotonya saat menjadi muazin itu pun viral di media sosial.

"Suatu kehormatan bisa berdiri di tengah-tengah jutaan saudara muslim, dan berkesempatan untuk adzan," ujar Indra Jafar yang kala itu masih menjabat Kapolresta Cirebon.

Baca Juga: Cerita AKBP Indra Jafar Saat Diminta Jadi Muazin Aksi 212

Kombes Indra Jafar menjadi muazin di moment bersejarah itu memang bukan kebetulan. Ia punya modal suara merdu sehingga sahabatnya, yakni Ustaz Arifin Ilham, mendapuknya untuk mengumandangkan adzan di moment itu. Selama ini ia memang cukup dekat dengan beberapa ulama, sehingga ketika diminta menjadi muazin langsung mengiyakan.

Sebagai Kapolresta Cirebon, Indra Jafar juga dikenal dengan program-programnya yang agamis. Dia mencetuskan Jumat keliling untuk menyosialisasikan program kepolisian melalui salat Jumat. Hal tersebut juga untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta, masyarakat, serta tokoh ulama.

Dipilihnya Kombes Indra Jafar menjadi muazin di tengah jutaan umat Islam dan para ulama itu ternyata mendapat apresiasi dari Kapolri yang saat itu dijabat Jenderal M Tito Karnavian. Bahkan secara khusus Kapolri memanggilnya untuk menyampaikan ucapan selamat. Kapolri sempat sedikit kaget dan tidak menyangka ada kapolres yang menjadi muazin di tengah jutaan umat.

Profil Kombes Pol Indra Jafar, Muazin Bersuara Merdu yang Ungkap Banyak Kasus Pembunuhan


Suara merdu Kombes Indra Jafar saat mengumandangkan adzan ternyata tidak berhenti terdengar di Lapangan Monas. Ketika kegiatan keliling masjid yang digelar jajaran Polda Metro Jaya misalnya, ia pernah menjadi muazin salat Jumat di Masjid Jami al Atiq Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, pada 9 Agustus 2019.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2439 seconds (0.1#10.140)