Tim SAR Bogor Selamatkan Penambang Pasir yang Terjebak di Aliran Sungai Ciliwung

Sabtu, 12 Maret 2022 - 21:11 WIB
loading...
Tim SAR Bogor Selamatkan Penambang Pasir yang Terjebak di Aliran Sungai Ciliwung
Tim SAR Kota Bogor berhasil menyelamatkan nyawa penambang pasir bernama Basuki (69) yang terjebak di aliran Sungai Ciliwung, Kedung Halang, Kota Bogor. Foto/Putra Ramadhani Astyawan/MPI
A A A
BOGOR - Tim SAR Kota Bogor berhasil menyelamatkan nyawa pria lanjut usia bernama Basuki (69). Pria yang bekerja sebagai penambang pasir ini terjebak di aliran Sungai Ciliwung tepatnya Kampung Bebek, RT 03/10, Kelurahan Kedung Halang, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Komandan Regu BPBD Kota Bogor Maruli Sinambela mengatakan peristiwa itu terjadi sekira pukul 17.00 WIB. Awalnya, petugas mendapat laporan adanya warga yang terjebak di aliran Sungai Ciliwung.

"Jadi bapak itu penambang pasir. Tiba-tiba air meluap karena ada hujan deras di daerah hulu," kata Maruli kepada wartawan di lokasi, Sabtu (12/3/2022).

Mendapat laporan tersebut, pihaknya bersama tim SAR lainnya langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi. Proses evakuasi berjalan dramatis karena perahu karet yang digunakan petugas kesulitan menyeberangi arus sungai yang sedang deras.

"Kita membutuhkan waktu 15 menit untuk mengevakuasi korban dari aliran Sungai Ciliwung," ujar Maruli. Baca: Pemuda 26 Tahun Tewas Gantung Diri di Ciledug

Sementara itu, korban Basuki menuturkan, kejadian tesebut begitu cepat ketika sedang mengambil pasir di sungai. Spontan, dia menyelamatkan diri ke daratan kecil yang berada di tengah Sungai Ciliwung.

"Lagi ngambil pasir, tahu-tahu air gede," tuturnya. Peristiwa ini bukan pertama kali terjadi. Karena, rekannya sesama pencari pasir pernah terjebak di aliran sungai tersebut dan juga berhasil diselamatkan.

"Teman (pernah kejebak), dulu (dievakuasi) pakai tambang. Terima kasih buat semuanya, buat petugas terima kasih banyak," pungkasnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0966 seconds (0.1#10.140)