Mengenal Bahasa Gaul Anak Jaksel, Mencampurkan Dialek Inggris dengan Indonesia

Sabtu, 05 Maret 2022 - 07:59 WIB
loading...
Mengenal Bahasa Gaul Anak Jaksel, Mencampurkan Dialek Inggris dengan Indonesia
Kebiasaan untuk mencampurkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia disebut bahasa anak Jaksel. Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Bagi kaum milenial istilah 'bahasa anak Jaksel' sudah tidak asing lagi. Kebiasaan untuk mencampurkan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia disebut 'bahasa anak Jaksel'.

Perkembangan zaman yang semakin canggih menyebabkan berbagai budaya masuk ke dalam Indonesia. Dalam interaksinya, tentu percampuran bahasa ini tidak bisa dihindari.

Malah dengan menggunakan bahasa campur tersebut, banyak anak muda merasa lebih keren dan intelektual. Percampuran dua bahasa ini bahkan sudah terjadi sejak zaman kolonial Belanda, untuk mempertegas status sosial mereka sebagai orang yang terdidik.

Lantas mengapa disebut bahasa Jaksel? Karena wilayah Jakarta Selatan identik dengan kelas ekonomi menengah ke atas, yang mana dianggap sah-sah saja jika dikaitkan dalam penggunaan bilingual.

Penasaran apa saja bahasa Jaksel yang sering digunakan oleh anak-anak muda? Berikut disadur dari berbagai sumber.

1.Literally

Kata literally diartikan “secara harfiah” atau “arti yang sebenarnya”. Kata ini digunakan saat menyetujui sesuatu atau menekankan suatu kejadian yang benar-benar terjadi. Contohnya: “Gila! Film Midsommar disgusting banget! Gue literally sampai gak bisa makan sama minum abis nonton itu.”

2.Which Is

Kata Which is berarti “di mana” atau “yang mana”. Dalam bahasa Jaksel, kata ini sering disingkat menjadi wicis. Contohnya: “Dia tuh pacar barunya si Dodi, wicis dia melakor hubungan si Dodi sama pacar sebelumnya.”

3.Even
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)