Profil AKBP Rita Wulandari, Polwan Eks Penyidik Polda Metro Jaya dengan Segudang Prestasi

Kamis, 24 Februari 2022 - 17:19 WIB
loading...
Profil AKBP Rita Wulandari, Polwan Eks Penyidik Polda Metro Jaya dengan Segudang Prestasi
AKBP Rita Wulandari saat masih menjabat Kapolres Tegal Kota. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - AKBP Rita Wulandari, mantan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya ini memiliki segudang prestasi. Dia merupakan satu-satunya polwan Indonesia penerima International Association of Women Police (IAWP) Award 2020.

Mantan Kapolres Tegal Kota itu bersama 9 polisi dari negara lain dinilai terbaik dalam bidang penanganan kejahatan terhadap perempuan dalam kategori Prevention and Detection of Violence Against Women Award 2020 (Pencegahan dan Deteksi Kekerasan terhadap Perempuan).
Baca juga: Profil Ivan Aditira, Kasat Reskrim Polres Bekasi yang Ungkap Kasus Pembunuhan Sadis di Serang

Kini, AKBP Rita menjabat Kasubbag Sumda Setpusinafis Bareskrim Polri. Saat menerima penghargaan dari Asosiasi Polisi Wanita Internasional, dia mengucapkan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang telah mendukungnya dengan memberikan akses dan kesempatan kepada Polwan untuk maju dan setara gender di lingkungan Polri.

Adapun kasus yang pernah ditangani Rita seperti kekerasan fisik, seksual pada tindak pidana perdagangan orang, perdagangan organ tubuh, pelacuran atau pornografi anak, dan penyelundupan manusia. Kemudian, penggagalan pengiriman pekerja ilegal ke luar negeri untuk dieksploitasi secara fisik/seksual dan terlibat dalam operasi pemulangan 2.500 TKIB-WNIO dari Timur Tengah ke Indonesia.

AKBP Rita juga intensif melakukan berbagai strategi pencegahan kekerasan perempuan dan anak melalui kampanye di media online dan sosialisasi kepada masyarakat. Lalu, memberikan asistensi kepada penyidik PPA (Pelayanan Perempuan dan Anak) di jajaran seluruh Indonesia.

Kemudian, mantan Pembantu Asisten Staf Khusus Presiden ini terlibat aktif dalam pembuatan peraturan dan kebijakan serta implementasi penanganan anak yang berhadapan dengan hukum melalui SPPA (Sistem Peradilan Pidana Anak).

Kasus yang berkaitan dengan perempuan dan anak sangat sensitive sehingga dalam penanganannya harus dilakukan secara khusus, petugasnya khusus, sarananya khusus dan cara yang digunakan juga khusus yaitu pendekatan humanis, peka, serta responsif gender yang dimiliki polwan.
Baca juga: Profil AKBP Bismo Teguh Prakoso, Wakapolres Jakbar Lulusan Terbaik Akpol 2001 dan PTIK 2008

Atas sepak terjangnya dalam penanganan kasus kejahatan yang menimpa perempuan dan anak, AKBP Rita akhirnya mendapat Pin Emas Kapolri. Rita pun kian intens melibatkan diri dalam berbagai program dan kegiatan untuk membagikan pengalamannya kepada kementerian dan lembaga, praktisi maupun akademisi. Dia menciptakan program, strategi pencegahan dan penanganan, serta melindungi perempuan dan anak Indonesia.

Berikut perjalanan karier AKBP Rita Wulandari:

- Kaur Log Selapa Lemdiklat Polri
- Kaur Opsjarlat Selapa Lemdiklat Polri
- Pamin Subag Kerma Ops Roops Polda Metro Jaya
- Penyidik Unit IV Sat IV Dit Reskrimum Polda Metro Jaya
- Penyidik Pratama Unit III Dit I/Kam & Trannas Bareskrim Polri
- Kasubnit II Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri
- Pembantu Asisten Staf Khusus Presiden RI
- Kanit II PPA Subdit III Dittipidum Bareskrim Polri
- Kanit IV Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri
- Kapolres Tegal Kota Polda Jawa Tengah
- Kasubbag Sumda Setpusinafis Bareskrim Polri
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0983 seconds (10.55#12.26)