5 Kelurahan Terpadat di Jakarta, Nomor 2 Urutan Pertama di Asia Tenggara

Jum'at, 18 Februari 2022 - 21:38 WIB
loading...
5 Kelurahan Terpadat di Jakarta, Nomor 2 Urutan Pertama di Asia Tenggara
Jakarta, merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sangat banyak.Foto/SINDOphoto/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Jakarta , merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk sangat banyak. Dengan luas 661,5 km persegi, jumlah penduduk Jakarta pada tahun 2020 mencapai 10,56 juta jiwa.

Memiliki jumlah kelurahan sebanyak 267 kelurahan, kepadatan di Jakarta tak bisa dihindarkan. Dirangkum dari berbagai sumber, ada lima kelurahan terpadat di Jakarta.

Kelurahan padat penduduk di Jakarta ini berada di antara ratusan pencakar langin dan tak jauh dari Istana Negara.

Berdasarkan catatan yang dihimpun, kepadatan di Jakarta bukan hanya karena banyaknya pendatang yang ingin mengadu nasib di Ibu Kota. Melainkan banyak warga yang berkembang tetapi tidak mau berpindah tempat. Masalah ini masih menjadi fokus utama pemerintah, khsusnya Pemprov DKI Jakarta.

Berikut lima kelurahan terpadat di Jakarta.

1. Kelurahan Kampung Rawa, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat

Luas wilayah Kampung Rawa sebesar 0,63 km2 dengan jumlah penduduk 23.153 jiwa memiliki tingkat kepadatan sekitar 91.079 jiwa per km2. Kelurahan ini berada tidak jauh dari Istana Negara atau sekitar 6 kilometer.

Konflik sosial kerap terjadi di kelurahan terpadat di Jakarta Pusat itu. Salah satunya adalah tawuran. Berbagai solusi telah dilakukan pemerintah, namun masalah kepadatan kampung rawa belum juga terselesaikan.

2. Kelurahan Kali Anyar

Secara adminsitrasi Kelurahan Kali Anyar masuk dalam Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Namun jarak lokasi kelurahan terpadat se-Asia Tenggara itu hanya sekitar 5,8 kilometer dari Istana Negara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3144 seconds (0.1#10.140)