BPBD Catat 13 Titik Banjir di Kota Bekasi, 1.237 KK Terdampak

Jum'at, 18 Februari 2022 - 13:02 WIB
loading...
BPBD Catat 13 Titik Banjir di Kota Bekasi, 1.237 KK Terdampak
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada 13 titik banjir yang terjadi di wilayah Kota Bekasi pada Kamis 17 Februari 2022. Foto: Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi mencatat ada 13 titik banjir yang terjadi di wilayah Kota Bekasi pada Kamis 17 Februari 2022. Banjir terjadi akibat tingginya muka air sejak sehari sebelumnya atau Rabu 16 Februari 2022 malam.

Adapun 13 titik banjir tersebut terjadi kebanyakan di wilayah bantaran kali. Titik banjir tersebar di delapan kelurahan dan empat Kecamatan Kota Bekasi.

“Ada 13 Titik yang dicatat BPBD Kota Bekasi yang berada di delapan kelurahan di empat kecamatan di Kota Bekasi yang terendam akibat naiknya aliran air dari Kali Bekasi,” kata Kepala BPBD Kota Bekasi Enung Nurcholis dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/2/2022).

Banjir yang merendam wilayah Kota Bekasi juga tercatat memberikan dampak terhadap 1.237 kepala keluarga. Jika dirinci, ada sekira 4.958 jiwa terdampak.

“Para pengungsi yang berhasil dicatat pihak BPBD Kota Bekasi juga ada di dua tempat yaitu, Musala Jamaitul Khoir Kampung Lebak Kelurahan Teluk Pucung Kecamatan Bekasi Utara ada sebanyak 50 jiwa dan di Gudang BNPB Jati Rasa Jatiasih Bekasi ada sebanyak 79 jiwa,” ungkapnya.



Hingga saat ini, tambah Enung, air dikali sudah dipastikan surut dan genangan di perumahan juga sudah surut total. Terkini warga tinggal membersihkan material lumpur dan sampah. Bantuan pembersihan pasca banjir ini pun melibatkan para aktivis kemanusiaan dari perangkat daerah.

“Seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas BMSDA, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD Kota Bekasi, TNI dan Polri serta PMI Kota Bekasi, berikutnya juga penggiat sosial dari beberapa komunitas lain untuk pengerukan lumpur efek dari banjir tersebut,” tutup Enung.

Untuk diketahui delapan kelurahan yang dilaporkan terjadi banjir yakni:

1. Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih
2. Kelurahan Bekasi Jaya, Kecamatan Bekasi Timur
3. Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur
4. Kelurahan Duren Jaya, Kecamatan Bekasi Timur
5. Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan
6. Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan (Pohon tumbang)
7. Kelurahan Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara
8. Kelurahan Margamulya, Kecamatan Beaksi Utara.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3073 seconds (0.1#10.140)