Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar

Jum'at, 18 Februari 2022 - 07:06 WIB
loading...
Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar
Polda Metro Jaya saat ini memiliki Tim Patroli Perintis Presisi, pasukan Dream Team yang siap memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya saat ini memiliki Tim Patroli Perintis Presisi, pasukan Dream Team yang siap memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. Tim 'Kelelawar' ini siap membuat masyarakat tidur nyeyak di malam hari, karena kini tidak ada tempat bagi penjahat maupun pembuat onar.



Meskipun garang terhadap penjahat, namun tim patroli ini dapat tampil humanis pada saat bertemu dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bahkan tim patroli ini dapat membantu masyarakat dalam hal-hal kecil, seperti membantu orang menyeberang jalan.

Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar


Anggota Dream Team ini berasal dari Direktorat Samapta dan Satuan Samapta Polres yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Tim patroli dibekali dengan kemampuan mulai dari teknis hingga taktis dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Pasukan Dream Team ni memiliki keahlian menggunakan sepeda motor di segala medan sulit. Tim ini punya keahlian menembak tetap sasaran dari atas kendaraan dengan keadaan berdiri.

Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar


Tim Patroli Perintis Presisi dibekali kemampuan dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang nongkrong hingga larut malam untuk pulang. Imbauan dilakukan tanpa melakukan kekerasan. Tim Patroli Perintis Presisi ini siap membubarkan masyarakat yang sedang mabuk-mabukan di pinggir jalan.

Tim ini bisa melumpuhkan aksi penjambretan dalam sekejap meski para pelaku membawa senjata tajam. Tim Patroli Perintis Presisi juga punya keahliannya dalam membubarkan aksi tawuran. Dengan kesigapan petugas aksi tawuran bisa ditangani secara cepat. Tim ini juga memiliki kemampuan pengetahuan tentang HAM.

Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar


Pasukan Dream Team ini merupakan penguatan dari tim-tim patroli yang selama ini ada di polres-polres jajaran Polda Metro Jaya. Tim ini dilatih khusus sehingga memiliki kemampuan yang seragam. Sebelumnya ada 7 tim patroli malam di polres-polres jajaran Polda Metro Jaya.

Mulai dari Tim Alpha Pus milik Polres Metro Jakarta Pusat yang ada sejak Maret 2017. Tim Alpha Sus bertugas memerangi kekerasan jalanan, mulai dari begal, balapan liar, hingga tawuran.

Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar


Kemudian Tim Tegas Reaksi Cepat (Tim Tiger) milik Polres Metro Jakarta Utara yang dibentuk pada 2017. Tim Tiger bertugas menindak kriminalitas yang terjadi di jalanan Jakarta Utara. Tim Tiger dilengkapi senjata laras panjang serta rompi antipeluru.

Polres Metro Jakarta Barat juga punya tim khusus bernama Tim Pemburu Preman untuk memberantas aksi premanisme yang kerap terjadi di wilayahnya. Tim Pemburu Preman terdiri dari 30 anggota reserse kriminal yang dilengkapi senjata laras panjang saat bertugas.

Lalu Tim Eagle One Polres Metro Jakarta Selatan. Sama seperti tim patroli lainnya, Polres Metro Jakarta Selatan, tim ini dibentuk untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Cepat bertindak dalam menangani kasus kejahatan jalanan di wilayah Jakarta Selatan.

Selanjutnya, Polres Metro Jakarta Timur memiliki dua tim khusus yang bertugas mencegah kejahatan jalanan, yakni Raimas Backbone dan Tim Rajawali. Tim Rajawali merupakan tim yang dibentuk secara khusus untuk mencegah gangguan Kamtibmas. Sementara Raimas Backbone merupakan bagian dari struktur Polri di bawah Direktorat Sabhara.

Tim Vipers milik Polres Tangerang Selatan tak kalah garang. Tim Vipers adalah satugas tugas reaksi cepat yang dibentuk untuk mengantisipasi kejahatan jalanan di wilayah Tangerang Slatan. Tim Vipers terdiri dari 12 anggota yang bisa dibantu personel Sabhara maupun Intel. Mereka juga dilengkapi dengan senjata laras panjang dan rompi anti peluru.

Di Depok terdapat Tim Jaguar, sebuah unit khusus yang ada di Polresta Depok. Tim ini dibentuk pada akhir tahun 2014. Tim Jaguar terdiri dari para polisi yang berasal dari berbagai kesatuan, mulai dari Intel, Reskrim, Sabhara, dan Provost. Tim Jaguar bertugas di malam hari mulai pukul 23.00-06.00 WIB untuk mencegah kejahatan jalanan di wilayah Depok.

Ketujuh tim ini sehingga diperkuat oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran agar memiliki SOP yang sama dalam menjalankan tugas. Pasukan Dream Team ini diresmikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mapolda Metro Jaya pada 13 Januari 2022.

Sejak dibentuk, Tim Patroli Perintis Presisi ini langsung menyikat pelaku kejahatan dan pembuat onar di tengah masyarakat. Pada akhir Januari 2022 misalnya, Tim Patroli Perintis Presisi mengamankan sekelompok pemuda yang diduga sebagai gengster motor yang menamai kelompoknya Gengster Joglo 92. Mereka diamankan seusai terlibat tawuran di daerah Pos Pengumben Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Minggu (30/1/2022). Tim Patroli berhasil mengamankan sebanyak 6 pemuda berikut senjata tajam jenis celurit.

Tawuran antara pemuda di Jalan Kota Bambu Utara, Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat, yang terjadi pada Rabu 9 Februari 2022 pukul 05.00 WIB juga berhasil dibubarkan Tim Patroli Perintis Presisi. Sejumlah anak-anak baru gede diamankan.

Tim Patroli Perintis Presisi juga berhasil membubarkan aksi tawuran di sekitar kawasan Perumahan Puri Mansion, Cengkareng, yang terjadi 24 Januari 2022. Tim Patroli mengamankan sebanyak 5 orang pemuda berikut senjata tajam.

Di Jakarta Utara, Saat melaksakan giat patroli, Tim Perintis Presisi mengamankan seorang pemuda yang menyimpan satu klip narkotika jenis Excimer di dalam dompet. Pemuda tersebut langsung digelandang ke Polres Metro Jakarta Utara.

Tim Patroli Perintis Presisi juga berhasil membubarkan dan mengamankan beberapa orang kelompok geng motor di wilayah Jalan Kali Pasir, Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu (25/12/2021) sekitar pukul 04.30 WIB.

Tim Patroli awalnya standbye di perempatan Galur Jalan Letjen Suprapto, tiba-tiba melintas rombongan 25 motor berboncengan sekitar 50 orang mengarah ke Underpass Senen sambil mengacung-acungkan celurit. Selanjutnya Tim Patroli mengikuti dan terpantau geng motor tersebut melawan arus menuju arah Kwitang.

Di Depok, Tim Patroli Perintis Presisi pada pertenganan Januari 2022 lalu mengamankan sekelompok pencuri sepeda motor di Jalan Raya Bogor. Kelompok ini berisikan tiga orang dan biasa melancarkan aksinya di daerah Depok, Bogor, dan Bekasi. Pelaku erpaksa dilumpuhkan dengan timah oleh Tim Patroli Perintis Presisi Polres Metro Depok, panas karena melawan.

Tim Patroli Perintis Presisi Polres Metro Bekasi juga mengamankan para remaja di bawah umur yang hendak tawuran di Jalan Raya Cicau, Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, pada Minggu (6/2/2022). Dari hasil penggeledahan, petugas menemukan pecahan kaca, lima buah botol kaca serta sebilah senjata tajam jenis celurit yang disimpan dalam sebuah tas.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)