Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar

Jum'at, 18 Februari 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Pasukan Dream Team ini merupakan penguatan dari tim-tim patroli yang selama ini ada di polres-polres jajaran Polda Metro Jaya. Tim ini dilatih khusus sehingga memiliki kemampuan yang seragam. Sebelumnya ada 7 tim patroli malam di polres-polres jajaran Polda Metro Jaya.

Mulai dari Tim Alpha Pus milik Polres Metro Jakarta Pusat yang ada sejak Maret 2017. Tim Alpha Sus bertugas memerangi kekerasan jalanan, mulai dari begal, balapan liar, hingga tawuran.

Profil Pasukan Dream Team Polda Metro Jaya, Jago Tembak Pemburu Pembuat Onar


Kemudian Tim Tegas Reaksi Cepat (Tim Tiger) milik Polres Metro Jakarta Utara yang dibentuk pada 2017. Tim Tiger bertugas menindak kriminalitas yang terjadi di jalanan Jakarta Utara. Tim Tiger dilengkapi senjata laras panjang serta rompi antipeluru.

Polres Metro Jakarta Barat juga punya tim khusus bernama Tim Pemburu Preman untuk memberantas aksi premanisme yang kerap terjadi di wilayahnya. Tim Pemburu Preman terdiri dari 30 anggota reserse kriminal yang dilengkapi senjata laras panjang saat bertugas.

Lalu Tim Eagle One Polres Metro Jakarta Selatan. Sama seperti tim patroli lainnya, Polres Metro Jakarta Selatan, tim ini dibentuk untuk menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat. Cepat bertindak dalam menangani kasus kejahatan jalanan di wilayah Jakarta Selatan.

Selanjutnya, Polres Metro Jakarta Timur memiliki dua tim khusus yang bertugas mencegah kejahatan jalanan, yakni Raimas Backbone dan Tim Rajawali. Tim Rajawali merupakan tim yang dibentuk secara khusus untuk mencegah gangguan Kamtibmas. Sementara Raimas Backbone merupakan bagian dari struktur Polri di bawah Direktorat Sabhara.

Tim Vipers milik Polres Tangerang Selatan tak kalah garang. Tim Vipers adalah satugas tugas reaksi cepat yang dibentuk untuk mengantisipasi kejahatan jalanan di wilayah Tangerang Slatan. Tim Vipers terdiri dari 12 anggota yang bisa dibantu personel Sabhara maupun Intel. Mereka juga dilengkapi dengan senjata laras panjang dan rompi anti peluru.

Di Depok terdapat Tim Jaguar, sebuah unit khusus yang ada di Polresta Depok. Tim ini dibentuk pada akhir tahun 2014. Tim Jaguar terdiri dari para polisi yang berasal dari berbagai kesatuan, mulai dari Intel, Reskrim, Sabhara, dan Provost. Tim Jaguar bertugas di malam hari mulai pukul 23.00-06.00 WIB untuk mencegah kejahatan jalanan di wilayah Depok.

Ketujuh tim ini sehingga diperkuat oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran agar memiliki SOP yang sama dalam menjalankan tugas. Pasukan Dream Team ini diresmikan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Mapolda Metro Jaya pada 13 Januari 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1844 seconds (0.1#10.140)