Terus Meningkat, Isoter di Hotel Yasmin Kabupaten Tangerang Capai 130%

Jum'at, 11 Februari 2022 - 09:25 WIB
loading...
Terus Meningkat, Isoter di Hotel Yasmin Kabupaten Tangerang Capai 130%
Kapasitas tempat isolasi terpadu (isoter) di Hotel Yasmin, Kabupaten Tangerang, sudah melampai batas. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Kapasitas tempat isolasi terpadu ( isoter ) di Hotel Yasmin, Kabupaten Tangerang , sudah melampai batas. Pasalnya, hotel itu hanya berkapasitas 240 namun saat ini ada 340 pasien yang ada di hotel tersebut.

“Presentase pasien di Hotel Yasmin sudah 130 persen, karena kan kapasitas hotel itu hanya 240. Tetapi pasien yang ada di sana sudah ada 340 pasien,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang dr Hendra Tarmizi, Jumat (11/2/2022).

Maka itu, kata dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Kesehatan mengupayakan dengan penambahan tempat tidur.“Jadi saat ini kita lakukan penambahan tempat tidur,” ujarnya.

Dijelaskan Hendra, penambahan tempat tidur ini sudah diberlakukan sejak Rabu 9 Februari 2022. Setidaknya, kata dia, ada sekitar 400 tempat tidur. Karena kamar penuh, pihaknya menyiasati satu kamar untuk diisi dua orang.

“Karena kamar ada 240, kalau dalam kamarnya bukan dari keluarga paling kita isi dua orang saja. Tetapi kalau pasiennya satu keluarga, satu kamar itu bisa menampung lima orang,” terangnya.



Sementara, menurut data yang tercatat di Dinas Kesehatan mencatat per-Kamis 10 Februari 2022 pasien yang masuk ke Rumah Singgah Hotel Yasmin dalam sehari mencapai 38 orang dengan 14 orang sudah diperbolehkan untuk pulang.

Hendra menuturkan, pasien yang dirawat di Hotel Yasmin merupakan pasien yang bergejala ringan maupun Orang Tanpa Gejala (OTG). “Kalau (gejala) berat itu semua harus ke RS,” paparnya.

Dengan demikian, Hendra menyampaikan bagi pasien yang OTG dianjurkan untuk isolasi di rumah. Hal ini karena terbatasnya tempat isolasi terpadu.

“Imbauan dari Kemenkes bahwa untuk pasien OTG dianjurkan bisa isolasi di rumah, jangan memenuhi tempat isolasi terpadu karena terbatas,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, peningkatan kapasitas ini terjadi hanya selang beberapa hari. Di mana pada Senin 7 Februari 2022, kapasitas Hotel Yasmin mencapai 120 persen dengan tercatat sekitar 268 pasien yang dirawat.

Sekadar diketahui, Hotel Yasmin menjadi tempat isoter di Kabupaten Tangerang yang miliki daya tamping hingga 240 pasien. Namun, saat ini tercatat ada 340 pasien yang menjalani perawatan di tempat ini.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2768 seconds (0.1#10.140)