Open Soon, Mal Perketat Protokol Kesehatan

Sabtu, 13 Juni 2020 - 06:44 WIB
loading...
A A A
Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Solihin, memastikan bahwa semua pusat perbelanjaan di ibu Kota akan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. "Dalam hal ini semua pusat belanja juga memiliki moral ?obligation dan responsibility yang harus diterapkan kepada tenant, karyawan, dan masyarakat," tambahnya.

Pengelola mal menyiapkan alat pengukur suhu pada pintu masuk mall untuk memeriksa suhu tubuh karyawan dan pengunjung. Bagi pengunjung bersuhu tubuh lebih dari 37,3 derajat celcius dilarang mauk ke area mal.

Karyawan mal maupun tenant diwajibkan menggunakan masker dan face shield (pelindung wajah) selama bekerja. "Pemakaian masker serta face shield bagi semua karyawan tenant maupun karyawan mal," tutur Solihin.

Sambutan positif dibukanya pusat perbelanjaan oleh pemerintah juga di sampaikan oleh Dewan Penasehat Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) , Tutum Rahanta. Kebijakan hal tersebut bisa memberikan nilai positif bagi perekonomian.

"Tentunya senang sudah ada kepastian usaha, sehingga persiapan yang sudah dilakukan bisa disempurnakan,.’’katanya. (Baca juga: Korea Selatan Temukan Jejak Buaya Purban yang Berjalan ala T-Rex)

Mengenai protokol kesehatan yang menjadi bagian penting, Tutum mengatakan, hal itu menjadi perhatian utama para pengelola mal. "Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) sudah bilang jika ada kurva kenaikan aktivitas dipusat perbelanjaan bukan tidak mungkin akan menutupnya, hal ini yang harus dijaga," jelasnya

Menjelang pembukaan mal dan pusat perbelanjaan ritel Senin lusa, pusat perbelanjaan Lotte Shopping Avenue telah mempersiapkan segala hal dengan matang.

"Kami berkomitmen untuk memperhatikan protokol kesehatan yang sesuai dengan peraturan pemerintah. Kami memulai dari general cleaning seperti pencegahan, pembersihan, hingga penyemprotan menggunakan disinfektan," jelas General Manager Lotte Shopping Avenue Jung In-ho.

Tidak hanya itu, Lotte Shopping Avenue juga menerapkan pengaturan jarak antrian pada titik yang rawan antrian seperti meja kasir, depan pintu lift, eskalator dimana masing-masingnya sudah di siapkan hand sanitizer. Untuk area dalam, diberikan tanda pengingat berupa setiker pengunjung untuk selalu menjaga jarak.

Tidak hanya Lotte Shopping Avenue, pusat perbelanjaan lain seperti Central Park Mal dan Neo Soho telah menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi re-opening nanti. (Lihat Videonya: Warga Duel Lawan Buaya Selamatkan sang Ayah di Palopo)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)