Asal Usul Kalimalang, Saluran Air yang Melintang di Atas Kali Sunter

Kamis, 10 Februari 2022 - 06:49 WIB
loading...
A A A
Maka itu, meski musim kemarau Kalimalang tidak mengalami kekeringan. Sehingga tetap bisa menyuplai air kepada masyarakat.

Pada tahun 1960-an, kawasan Kalimalang sangat sepi dan menyeramkan saat malam hari. Bahkan, tak banyak orang yang melintasi jalan ini.

Namun, pada tahun 1990-an, saat Jalan Kalimalang mulai diaspal, pembangunan toko dan perkantoran mulai menghiasi wajah Kalimalang yang sempat sepi. Bahkan jalan ini juga tak luput dari aksi kejahatan.

Kini Jalan Kalimalang sudah ramai dilintasi oleh para pengendara. Bahkan, kemacetan di wilayah ini sempat tak terelakan hingga akhirnya proyek Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) yang sempat mandek kembali dilanjutkan. Jalan tol yang berkonstruksi layang ini dibangun di atas Saluran Kalimalang untuk memecah kemacetan tersebut.

Asal Usul Kalimalang, Saluran Air yang Melintang di Atas Kali Sunter

Warga Kalimalang mencoba melewati bambu yang telang dilumuri oli untuk mencapai pinang dalam lomba Titian Pinang di Saluran Kalimalang, Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Sabtu (17/8/2019). (Foto: Antara/Livia Kristianti)

Bahkan, setiap perayaan 17 Agustusan, Kalimalang kerap dijadikan lokasi untuk perlombaan masyarakat sekita. Seperti gebung bantal, panjat pinang, gingga tangkap bebek. Kini Kalimalang sudah mengalami perubahan yang lebih rapih dan bersih.
(mhd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)