HPN 2022, KPK Ingatkan Jurnalis di Bekasi Tetap Jaga Integritas

Kamis, 10 Februari 2022 - 03:00 WIB
loading...
HPN 2022, KPK Ingatkan Jurnalis di Bekasi Tetap Jaga Integritas
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat menghadiri Hari Pers Nasional 2022 di Kabupaten Bekasi. Foto/Istimewa
A A A
BEKASI - Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menghadiri acara diskusi bersama jurnalis yang tergabung dalam Media Center DPRD Kabupaten Bekasi dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2022.

Acara tersebut turut dihadiri akademisi Institut Bisnis Muhammadiyah (IBM), Hamluddin, bertempat di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (9/2/2022).

Di peringatan HPN yang ke-76 kali ini, Ghufron menjelaskan bahwa integritas media merupakan wujud refleksi dari demokrasi yang sehat. Baca juga: HPN 2022, Politisi Ini Sebut Pers sebagai Mikrofon Suara Rakyat

”Mana kala kasus korupsi di sebuah negara masih banyak, maka demokrasi di negara tersebut tidak sehat. Tapi kalau medianya berintegritas, maka akan tercipta kehidupan demokrasi yang sehat,” ungkap Ghufron.

HPN 2022, KPK Ingatkan Jurnalis di Bekasi Tetap Jaga Integritas


Oleh sebab itu, Ghufron mengingatkan agar insan pers bisa terus menjaga integritasnya untuk menjadi pengawas atas segala bentuk kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

”Kami KPK peduli terhadap kesehatan integritas teman-teman pers. Oleh sebab itu kami berharap teman-teman pers bisa merevitalisasi dirinya untuk meningkatkan perannya,” katanya. Baca juga: Memalukan! 2 Kadis Pemprov Sultra Adu Jotos di Lokasi Perayaan HPN

Sementara itu, Hamluddin menjelaskan bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi di Indonesia untuk menjaga tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya dalam pemantauan praktik tindak pidana korupsi.

”Kita harus mengingat bahwa pers jadi salah satu pilar demokrasi untuk memantau kinerja dari eksekutif, legislatif dan yudikatif. Kontrol ini yang harus selalu ditekankan mana kala teman-teman menulis sebuah berita,” ucap Hamluddin.
(ams)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1878 seconds (11.97#12.26)