alexametrics

Cegah Penularan Covid-19, Koperasi dan UMKM Bersinergi Salurkan APD

loading...
Cegah Penularan Covid-19, Koperasi dan UMKM Bersinergi Salurkan APD
Koperasi dan UMKM salurkan APD guna melawan penularan Covid-19. Foto/Hambali/Okezone
A+ A-
TANGERANG SELATAN - Kelompok pekerja menjadi salah satu pihak yang cukup rentan tertular Covid-19. Pasalnya, tak sedikit perusahaan atau pabrik yang tidak menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan hand sanitizer dan pengecekan suhu serta membiarkan pekerjanya tak memakai masker.

Menjawab itu, Asosiasi Serikat Pekerja (ASPEK) Indonesia memberdayakan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mereka miliki, yakni Koperasi Pekerja Indonesia Sejahtera (K-PINS) guna mendata para anggotanya yang membutuhkan APD sebagai alat proteksi diri dari Covid-19. ASPEK sendiri kini memiliki total anggota lebih dari 100 ribu pekerja di berbagai bidang. Mereka tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Untuk Tangerang Raya, tercatat ada sekira 15 ribu pekerja yang tergabung dalam ASPEK Indonesia.

"Jadi melalui koperasi dan UMKM ini, kami berupaya menyelamatkan para pekerja di lapangan. Menyalurkan APD bagi yang membutuhkan. Kami telah bekerja sama dengan PT EKI sebagai produsen, lalu menyalurkan ke anggota koperasi kami, dengan berbagai sistem pembayaran, bisa dicicil juga," kata Ketua K-PINS, Muhamad Hakim di Pamulang, Tangsel, Jumat (12/6/2020).

Menurut Hakim, sejumlah APD standar WHO telah diterimanya dari PT EKI. Baginya, kerja sama itu bak gayung bersambut lantaran sejak jauh hari pihaknya menantikan kerja sama dari berbagai pihak guna menekan angka penyebaran Covid-19 di kalangan pekerja. (Baca juga: BREAKING-Salat Jumat di Masjid Afghanistan Dibom)



"Bagi kami ini seperti gayung bersambut, jika di awal kami sudah woro-woro pentingnya APD, masker, dan lain-lain, lalu datanglah PT EKI membantu menawarkan kerja sama itu. Jadi ini bukan semata soal bisnis, tapi ada misi sosial yang sedang terjalin," tutur Hakim, yang juga menjabat Direktur Lembaga Penelitian dan Pengembangan Organisasi ASPEK Indonesia.

Dilanjutkan dia, misi sosial PT EKI patut diapresiasi. Sebab, tak banyak perusahaan yang menjalani bisnisnya disertai bentuk kepedulian sosial. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, hampir semua sektor bisnis terimbas sehingga sulit bagi perusahaan mengambil kebijakan di luar penyelamatan finansial dan produksi.



"Kami punya basis sektor kesehatan dan farmasi. Fokus perhatiannya sepertinya meluas, bukan hanya APD, jadi bukan hanya membantu kawan-kawan medis tapi juga menyelamatkan kawan-kawan pekerja," jelasnya. (Baca juga: Banjir Hingga 2 Meter Rendam Ratusan Rumah Warga di Bandar Lampung)

Beberapa pengurus K-PINS sempat melakukan kunjungan meninjau salah satu pabrik konsorsium PT EKI yang memproduksi APD di kawasan Subang, Jawa Barat. Di sana diperlihatkan secara langsung proses pengerjaan dari mulai pengolahan bahan baku sampai dengan hasil produksi APD siap pakai.
(mhd)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak