Misteri Tanah Abang Tempo Dulu, Wanita Cantik Jadi-jadian Penunggu Kuburan Karet

Selasa, 01 Februari 2022 - 05:00 WIB
loading...
Misteri Tanah Abang Tempo Dulu, Wanita Cantik Jadi-jadian Penunggu Kuburan Karet
Potret jalanan di Tanah Abang Jakarta Pusat pada masa Batavia tahun 1870. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Wilayah Tenabang atau Tanah Abang sebagai bagian dari Kota Jakarta telah mempunyai sejarah yang panjang. Wilayah ini mulai dikenal sejak 1648 ketika seorang konglomerat yang juga Kapiten China ketiga di Batavia bersama Phoa Beng Gam.

Mereka mendapat izin dari VOC untuk membuka wilayah yang masih berupa hutan belantara untuk menjadi perkebunan tebu lengkap dengan penggilingan tebu dan pabrik gulanya. Dibalik sejarah Tanah Abang ada beberapa cerita rakyat yang melenggenda disana.

Salah satunya seorang penunggu di Jalan Kuburan Kareta, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Kisah ini sebagaimana ditulis dari buku Tenabang Tempo Doeloe karya Abdul Chaer yang menjadi kisah mistis di era tahun 1950-an.

Diceritakan ahli bahasa dan penulis ini dalam bukunya, kisah mistis ini digambarkan seorang warga Tanah Abang yang bernama Bang Salam. Saat itu, dia baru saja menurunkan penumpang di depan Masjid Tanah Abang yang tadi naik dari Karet gusuran (sekarang Jalan Sudirman).

Hari hampir magrib. Bang Salam ingin segera tiba di rumahnya yang terletak di Karet Tengsin sebelum magrib. Ia pun segera memutar balikkan delmannya dan memacu kudanya supaya berlari cepat. Tetapi jalan raya yang berlubang di sana-sini menyebabkan ia tidak bisa cepat memacu kudanya meskipun jalan sudah sepi.

Di sepanjang jalan Karet di dekat Kebon Pala ia hanya berpapasan dengan satu-dua orang yang naik sepeda. Ketika tiba di Duku Pinggir, sebelum menyeberangi jembatan Kali Malang (Banjir Kanal), seorang nenek menyetop delmannya.

Misteri Tanah Abang Tempo Dulu, Wanita Cantik Jadi-jadian Penunggu Kuburan Karet

Foto: Istimewa

Sebenarnya Bang Salman tidak mau membawa penumpang lagi, tetapi karena nenek-nenek, maka ia merasa kasihan. Setelah nenek-nenek itu naik dan duduk di belakang, Bang Salman bertanya, “Mau kemana, Nek?”. “Terus sajalah jalan!” sahut si nenek. “Nanti saya bilangin.”

Bang Salman pun kembali memacu kudanya agar berlari cepat. Tiba-tiba di depan gerbang kantor polisi Karet Bivak, polisi penjaga pintu gerbang menyetopnya. “Ada apa, Pak?” tanya Bang Salman. “Kan sudah gelap, itu kok lampunya belum dipasang,” jawab polisi itu.

Bang Salman sadar bahwa memang lampu delmannya belum dipasang. Sebelum dia berbuat apa-apa, tiba-tiba penumpangnya nyeletuk, “Sudah, kok!” Ketika mendengar ucapan penumpangnya itu, Bang Salman dua kali kaget.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)