Diduga Maling, Pria ODGJ di Palmerah Diselamatkan PPSU dari Amukan Warga

Selasa, 25 Januari 2022 - 11:28 WIB
loading...
Diduga Maling, Pria ODGJ di Palmerah Diselamatkan PPSU dari Amukan Warga
Pria yang diduga ODGJ saat diperiksa polisi. Foto: merekamjakarta
A A A
JAKARTA - Seorang pria berinisial R (22) sempat menjadi bulan-bulanan warga di Jalan Semangja 4, Jatipulo, Palmerah, Jakarta Barat . Pasalnya, pria tersebut diduga mencuri di salah satu warung kelontong milik warga sekitar.

Video aksi dugaan pencurian tersebut viral setelah akun Instagram @merekamjakarta mempostingnya pada Senin 24 Januari 2022 malam.

Dalam postingan itu disebutkan, pria yang mengenakan kaus bercelana boxer itu dipergoki warga saat hendak masuk ke sebuah warung kelontong.

"Terduga maling tersebut kemudian naik ke lantai atas warung kelontong dan keluar melalui atap. Ia kemudian jatuh karena terjeblos dan langsung diringkus oleh warga," tulis caption dalam postingan yang dikutip, Selasa (25/1/2022).

Sontak, warga yang berada di lokasi memukuli pria itu meski tidak ada barang curian yang diambil. Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kemudian berupaya menghalangi terduga maling dari amukan warga dan membawanya ke Polsek Palmerah.

Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Palmerah Iptu Parman Gultom saat dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian itu. Parman mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Senin 24 Januari 2022 pagi.



Dia menyebut, pria tersebut merupakan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ). Sebab saat ditanyai warga, pria itu tampak linglung.

"Iya (ODGJ) jadi lari-lari sana masuk ke pekarangan (permukiman) orang. Nah, dikira warga maling, kemudian nyari bakso," kata dia, Selasa (25/1/2022).

Saat ditanyai petugas di kantor polisi, ia juga masih tampak linglung bahkan sampai manjat-manjat pagar. Namun demikian, Parman memastikan pria itu tidak terbukti melakukan tindak pidana pencurian.

"Artinya kalau masuk pekarangan orang itu imagenya sudah ada sesuatu lah mau maling lah. Ternyata karena dia dikejar warga masuk ke pekarangan orang," tuturnya.

Pria tersebut saat ini sudah diserahkan pihak keluarganya. "Sudah kita kembalikan ke keluarganya dibantu oleh Binmas karena warganya Binmas juga kan, yang jelas jangan kayak gitu lagi. Memang agak kurang waras orangnya," imbuhnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1727 seconds (0.1#10.140)