Dirugikan Rp8,6 Triliun, Anggota Koperasi Simpan Pinjam di Bogor Gelar Unjuk Rasa

Kamis, 20 Januari 2022 - 21:13 WIB
loading...
Dirugikan Rp8,6 Triliun, Anggota Koperasi Simpan Pinjam di Bogor Gelar Unjuk Rasa
Puluhan anggota koperasi simpan pinjam (KSP) menggelar unjuk rasa di Bogor, Kamis (20/1/2022). Mereka meminta koperasi mengembalikan uang anggota Rp8,6 triliun. Foto: MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Puluhan anggota koperasi simpan pinjam (KSP) menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Lodaya, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Kamis (20/1/2022). Massa aksi menuntut koperasi mengembalikan uang anggota yang nilainya mencapai Rp8,6 triliun.

Perwakilan massa aksi Irwansyah mengatakan, aksi unjuk rasa yang dilakukan pihaknya ini merupakan bentuk kekecewaan anggota sejak 2 tahun lalu. Berdasarkan data yang ada padanya, setidaknya ada 54 ribu anggota KSP yang dirugikan menejemen.



"Sebanyak 54 ribu nasabah jadi korban. Uang total Rp8,6 triliun tidak tahu kemana tanpa ada kejelasan. Itu kan uang kami, masa kami mau ambil uang kami malah dipersulit dan tanpa ada kejelasan sudah dua tahun ke belakang ini," kata Irwansyah.

Massa aksi menyampaikan tuntutan kepada pihak menejemen KSP, antara lain meminta KSP mengembalikan seluruh uang anggota. Kedua, KSP harus diaudit investigasi melalui akuntan publik independen yang ditunjuk dan diawasi oleh perwakilan anggota.

"Kami juga minta ada perwakilan anggota dalam satgas yang dibentuk KSB," tutup Irwansyah.



Pantauan MNC Portal di lokasi, massa aksi berunjuk rasa dengan menggunakan sejumlah atribut. Mulai dari pita hitam di lengan sebagai simbol duka dan berbagai poster sebagai bentuk kekecewaan.

Selama berlangsung, aksi unjuk rasa itu dijaga oleh aparat gabungan TNI-Polri. Sekitar pukul 17.00 WIB, massa aksi akhirnya membubarkan diri dari lokasi secara tertib kembali ke daerah masing-masing.

"(Massa sudah bubar) tertib jam 17.00 WIB. Masing-masing pulang sesuai daerah masing-masing," kata Kasubsie Penmas Polresta Bogor Kota Iptu Rachmat Gumilar ketika dikonfirmasi MNC Portal.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)