Polisi harus tuntaskan kasus kekerasan di Don Bosco

Senin, 30 Juli 2012 - 10:50 WIB
Polisi harus tuntaskan kasus kekerasan di Don Bosco
Polisi harus tuntaskan kasus kekerasan di Don Bosco
A A A
Sindonews.com - Terbongkarnya kasus kekerasan dan penganiayaan di orientasi siswa baru SMA Don Bosco membuka kembali maraknya aksi kekerasan yang terjadi di sekolah sebagai institusi pendidikan. Anggota Komisi X DPR Reni Malinawati pun meminta pihak kepolisian untuk memproses kasus tersebut hingga tuntas.

"Penegakan hukum dalam kasus ini diharapkan dapat memberi efek jera kepada siapa saja yang melakukan aksi kekerasan, termasuk bila ada upaya pembiaran terhadap aksi kekerasan itu," kata Reni melalui siaran pers kepada Sindonews di Jakarta, Senin (30/7/2012).

Dia mengatakan, pengusutan kasus tersebut dengan tuntas bertujuan untuk menimbulkan efek jera, dan aksi kekerasan di dalam sekolah tidak lagi terjadi.

Menurutnya, segala bentuk kekerasan tidak dibenarkan untuk digunakan dalam kegiatan apapun di sekolah, termasuk dalam orientasi siswa baru. "Kami sangat mengapresiasi langkah siswa, dan orangtua siswa yang melaporkan aksi kekerasan fisik maupun psikis yang terjadi di sekolah kepada aparat penegak hukum," ujarnya.

Politikus PPP itu juga berharap penegak hukum mau mengusut kasus tersebut dengan terbuka. Pasalnya, kasus dugaan kekerasan, dan penganiayaan tersebut terjadi di sekolah yang berada di Jakarta.

"Orientasi siswa baru harusnya menjadi ajang peletakan pondasi dasar bagi siswa untuk menapaki jenjang pendidikan berikutnya. Penguatan karakter serta mendorong sikap mandiri, dan bertanggung jawab siswa tidak bisa dilakukan dengan pendekatan kekerasan," tandasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5011 seconds (0.1#10.140)