Ini Alasan Imigrasi Bandara Soetta Tolak Wanita Somalia Masuk Indonesia

Minggu, 16 Januari 2022 - 02:30 WIB
loading...
Ini Alasan Imigrasi Bandara Soetta Tolak Wanita Somalia Masuk Indonesia
Kantor Imigrasi Bandara Soetta menyatakan penolakan wanita WN Somalia IA (25) untuk masuk ke Indonesia karena maksud dan tujuan yang tidak sesuai. Foto/Ilustrasi.dok/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menyampaikan alasan penolakan wanita asal negara Somalia IA (25) untuk masuk ke Indonesia. Pasalnya wanita yang tengah hamil 9 bulan itu memiliki maksud dan tujuan yang tidak sesuai.

Kepala Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta, Romi Yudianto menuturkan IA datang ke Indonesia menggunakan maskapai Emirates Airways pada 9 Januari 2022 lalu dengan nomor penerbangan EK 356. Setelah melewati proses pengecekan oleh pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan Imigrasi Bandara Soetta, IA ditolak karena tak memenuhi persyaratan untuk masuk ke Indonesia.

“Jadi maksud dan tujuannya tidak sesuai. Setelah diwawancara petugas, dia itu mau mengunjungi saudaranya. Tapi, tertera dalam visanya mendatangi Indonesia untuk melakukan bisnis,” kata Romi saat dihubungi MPI, Sabtu (15/1/2022).

Menurut Romi, salam visa tujuannya untuk bisnis mukena di salah satu perusahaan. Karena adanya perbedaan inilah, IA pun dipulangkan kembali ke negara asalnya menggunakan maskapai yang serupa.

“Itu masih tanggung jawb pihak maskapai, memulangkan warga negara tersebut jika ada penolakan tidak memenuhi syarat imigrasi,” ujarnya.
IA pun dipulangkan kembali ke negaranya pada tanggal 13 Januari 2022 lalu. Di sisi lain, pihak Bandara Soetta juga kini tengah melakukan investigas terkait perusahaan yang memproduksi mukena tersebut.

“Kita juga sudah investigasi dan menindak lanjuti yang terjadi,” ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)