Gempa Banten Rusak 94 Rumah di Lebak dan Pandeglang

Jum'at, 14 Januari 2022 - 22:32 WIB
loading...
Gempa Banten Rusak 94 Rumah di Lebak dan Pandeglang
Salah satu rumah warga yang rusak akibat gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo yang berpusat di Barat Daya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/1/2022). Foto/ Nandha Aprilianti
A A A
TANGERANG - Sebanyak 94 rumah warga di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak rusak akibat gempa bumi berkekuatan 6,7 magnitudo yang berpusat di Barat Daya Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang, Jumat (14/1/2022). Dari jumlah tersebut, sebanyak 54 rumah di Kabupaten Pandeglang dan 40 rumah di Kabupaten Lebak.

“Terdapat dampak kerusakan yang signifikan terutama di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak,” kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga dalam keterangan pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Jumat (14/1/2022).

Selain rumah, terdapat pula puskesmas, sekolah, hingga adanya korban dengan luka-luka ringan dari peristiwa ini. “Dampak di Kabupaten Pandeglang per 20:00 WIB yang telah didata oleh personel Polsek jajaran,” katanya.

Baca juga: Efek Gempa Terkini Banten, Ini Sejumlah Penampakan Kerusakan Rumah Warga



Sebanyak 54 rumah yang alami kerusakan di Kabupaten Pandeglang terdiri dari ; 8 unit di Cimanggu, 1 unit di Mandalawangi, 3 unit di Angsana, 8 unit di Sumur, 5 unit di Saketi, 3 unit di Jiput, 1 unit di Banjar, 1 unit di Cigeulis, 3 unit di Picung, 4 unit di Patia, 4 unit di Panimbang, 2 unit di Pulosari, 1 unit di Labuan, 1 unit di Carita, 4 unit di Munjul, 5 unit di Pagelaran.



Sedangkan sekolah yang terdampak yakni sebanyak 3 unit sekolah, yakni MTS Negeri 3 Cibaliung, Madrasah Cibereum, SMP Sumur. 1 unit puskesmas alami kerusakan di Sumur, dan 1 orang wanita alami luka berat pada bagian kepala di Kecamatan Sumur.

Sementara itu, 54 rumah yang rusak di Kabupaten Lebak sendiri yakni ; 1 unit rumah di Kecamatan Gunung Kencana, 2 unit rumah rusak berat di Kecamatan Wanasallam, 7 unit rumah alami rusak ringan di Kecamatan Warunggunung, 1 unit rumah di Kecamatan Cijaku, 16 unit rumah di Kecamatan Cihara.

1 unit rumah di Kecamatan Malingping, 4 unit rumah di Kecamatan Banjarsari, 7 unit rumah di Kecamatan Cirinten, dan 1 unit rumah di Rangkas Bitung. Sekolah yang terdampak, terdapat 3 unit sekolah yakni SMAN 3 Lebak, SMPN 3 Wanasalam, dan SDN 1 Sukaresmi.

Adapun korban yakni seorang pria dan wanita yang alami luka ringan pada bagian kepala akibat kejatuhan genteng. Diketahui sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempa bumi Magnitudo (M) 6,7 mengguncang wilayah Banten dan Barat Daya Sumur pada pukul 16.05 WIB.
(rca)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2145 seconds (11.210#12.26)