Luncurkan Buku Wajah Polisi Presisi, Edi Hasibuan: Wujud Nyata Kehadiran Polri di Masyarakat

Jum'at, 14 Januari 2022 - 13:40 WIB
loading...
Luncurkan Buku Wajah Polisi Presisi, Edi Hasibuan: Wujud Nyata Kehadiran Polri di Masyarakat
Sebuah buku inspirator berjudul Wajah Polisi Presisi, Melahirkan Banyak Inovasi dan Prestasi, karya pengamat kepolisian Edi Saputra Hasibuan, diluncurkan ke masyarakat. Foto: SINDOnews/Ist
A A A
JAKARTA - Menjelang 1 tahun Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menjabat Kapolri, sebuah buku inspirator berjudul 'Wajah Polisi Presisi, Melahirkan Banyak Inovasi dan Prestasi, karya pengamat kepolisian Edi Saputra Hasibuan, diluncurkan ke masyarakat.

Buku yang dicetak penerbit PT Rajagrafindo Persada dan akan dijual pada toko-toko buku ini berisi bagaimana Program Presisi Kapolri selama ini diterapkan oleh seluruh jajaran Polri. Mulai dari Polsek, Polres, Polda, hingga Mabes Polri, dalam upaya meningkatkan pelayanan, perlindungan, dan pengayoman di tengah masyarakat.

Baca juga: Resmikan Tim Patroli Perintis Presisi, Kapolri: Beri Rasa Aman Masyarakat

"Hasil riset kami di lapangan, banyak inovasi dan muncul berbagai prestasi yang dilakukan jajaran Polri untuk mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi, dan Berkeadilan (Presisi)," ungkap penulis buku yang juga mantan anggota Kompolnas periode 2012 2016 ini, Jumat (14/1/2022).

Pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini, memaparkan, selama setahun terakhir ini dirinya melihat masyarakat banyak merasakan kehadiran Polri dalam memberikan pelayanan.

Luncurkan Buku Wajah Polisi Presisi, Edi Hasibuan: Wujud Nyata Kehadiran Polri di Masyarakat


Mulai dari inovasi tilang elektronik (ETLE) di jalan raya, peluncuran aplikasi pengawsan Propam Presisi, pelayanan SIM Online (Sinar), serta Samsat Digital Nasional (Signals) Dumas Presisi. Termasuk kehadiran Polri dalam kegiatan kemanusian dalam memberikanperlindungan kepada masyarakat selama pandemi Covid 19.

"Kami melihat dukungan dan peran serta Polri sebagai garda terdepan bersama TNI dan pemerintah daerah banyak diapresiasi. Saat ini target pemerintah dalam gerakan vaksinasi di seluruh Indonesia berhasil melebihi 70 persen, sungguh luar biasa," kata doktor ilmu hukum ini.



Hasil survai Lemkapi dan Cyrus Net work selama pandemi tahun 2021, juga menunukkan masyarakat percaya dan puas atas pelayanan Polri yang berada di atas 86 persen. Kendati demikian, sorotan dan kritikan terhadap kinerja Polri yang viral, juga tidak sedikit.

Kapolri dalam kata pengantarnya pada buku ini, selama 2021 Polri terus berbenah. Banyak upaya yang sudah dilakukan. Semua masukan masyarakat juga direspons dengan cepat. Polri tidak antikritik, malah sangat terbuka mendapat masukan dari mayarakat untuk mewujudkan Polri yang Presisi.

"Buku ini sangat bagus dibaca sebagai bahan edukasi bagi masyarakat dan bisa menjadi motivasi seluruh jajaran Polri. "Kami berterima kasih atas apresiasi dan dukungan masyarakat kepada Polri," kata mantan Kabareskrim Polri.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1918 seconds (0.1#10.140)