Jalanan Jakarta Kembali Padat, Pengaktifan Ganjil Genap Tunggu Keputusan Anies

Rabu, 10 Juni 2020 - 13:42 WIB
loading...
Jalanan Jakarta Kembali Padat, Pengaktifan Ganjil Genap Tunggu Keputusan Anies
Ruas jalan alteri dan tol di kawasan Jakarta Timur mengalami kepadatan, Senin (8/6/2020) lalu. Foto: SINDOnews/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya masih menunggu keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait pengaktifan kembali kebijakan ganjil genap (gage) di Ibu Kota, baik untuk roda empat maupun roda dua. Saat ini polisi masih terus mengevaluasi pergerakan kendaraan di jalan-jalan protokol Jakarta.

“Saya sudah komunikasi dengan Kadishub DKI, untuk pengaktifan kembali Gage menunggu keputusan gubernur,” ujar Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (10/6/2020).

Saat ini pihaknya masih sebatas melakukan pengaturan lalulintas di jalan-jalan Ibu Kota untuk mengurai kepadatan. “Memang kita menemukan adanya kepadatan yang terjadi di beberapa ruas jalan. Antisipasinya dengan menyiapkan anggota untuk mengatur, guna mengurangi kepadatan,” katanya. (Baca juga: Polisi Masih Tunggu Rambu dan Pedoman Teknis Ganjil Genap Motor di Jakarta)

Menurut dia, evaluasi selalu dilakukan sehingga bisa segera diambil kebijakan yang tepat untuk mengantisipasi kepadatan yang ada di Jakarta. “Kita harapkan masyarakat juga bisa mengerti dan bisa mematuhi aturan yang ada selama PSBB transisi ini,” tukasnya.

Kasubdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menambahkan, sejauh ini pihaknya masih melakukan evaluasi terkait kondisi lalu lintas di Jakarta.

“Sepekan ini kita evaluasi dan monitoring. Kita akan koordinasi dengan Pemprov DKI,” katanya. (Baca juga: Anies: Ganjil Genap Akan Berlaku Bila Masyarakat Lebih Banyak Keluar Rumah)

Data yang ia miliki, memang terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di jalanan Ibu Kota sekitar 94,5 persen pada Senin, 8 Juni 2020. Fahri merinci, sebanyak 36.459 kendaraan melintas di Jalan Jenderal Sudirman dari Ratu Plaza mengarah ke Sarinah.

Sedangkan pada Senin 1 Juni 2020 lalu saat PSBB Jakarta masih berlaku, tercatat 18.744 kendaraan melintas di depan Ratu Plaza arah Sarinah. (Baca juga: Jalanan Macet saat Pulang Kantor, Tandanya Jakarta Kembali Normal)

Jumlah kendaraan yang melintas di Jalan MH Thamrin dari Sarinah mengarah ke Ratu Plaza pada Senin (8/6/2020) meningkat 102,1 persen dibanding pekan sebelumnya. Dimana pada 8 Juni 2020 tercatat 16.663 kendaraan melintas dari Sarinah ke Ratu Plaza. "Sedangkan pada 1 Juni 2020, tercatat 8.246 kendaraan melintas di depan Sarinah arah Ratu Plaza," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)