Pilkada DKI 2024, Selain Ariza, Misan, dan Taufik Patut Diperhitungkan

Senin, 03 Januari 2022 - 22:28 WIB
loading...
Pilkada DKI 2024, Selain Ariza, Misan, dan Taufik Patut Diperhitungkan
Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang diperkirakan berlangsung dinamis. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pilkada DKI Jakarta pada 2024 mendatang diperkirakan berlangsung dinamis. Estafet kepemimpinan di ibu kota mensyaratkan sosok yang memiliki pemaknaan akan kota dan masyarakat Jakarta agar dapat meneruskan keberhasilan Anies Baswedan.

Sebab, lima tahun Anies menjabat Gubernur DKI begitu banyak kemajuan di ibu kota dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima Pemprov DKI serta kehidupan toleransi yang semakin tumbuh. Karenanya, pasca Anies nantinya gubernur baru harus memahami karakteristik Jakarta secara utuh dan menyeluruh agar berkesinambungan dengan pemimpin terdahulu.
Baca juga: Anies Berduka, Salah Satu Pendukungnya di Pilkada DKI 2017 Berpulang

“Anies sebagai petahana memiliki peluang besar untuk dapat terpilih kembali. Namun, jalan menuju Calon Presiden (Capres) 2024 menurut saya lebih menarik baginya,” kata pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Yusuf Wibisono, Senin (3/1/2022).

Dia melihat sebaiknya warga Jakarta memberi kepercayaan pada tokoh lokal, sebab kompleksitas Ibu Kota membutuhkan sosok yang langsung running setelah terpilih. “Bagi calon-calon yang berasal di luar Jakarta pasti membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan seluk beluk Jakarta dan tak jarang melahirkan pandangan yang kurang tepat yang berimbas pada perlambatan kinerja” ujarnya.

Yusuf mengatakan, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria (Ariza) dianggap tokoh yang paling berpeluang mengingat posisinya saat ini sebagai orang nomor dua di Jakarta. Sosok lain yang juga dianggap layak adalah Silvyana Murni, mantan birokrat dan Ketua Komite 3 DPD RI dapil DKI Jakarta.

“Saya kira kita tidak bisa menutup mata pada kapasitas politisi-politisi Kebon Sirih sebagai kandidat Gubernur DKI. Saya melihat potensi yang siap muncul dan bertarung seperti Bang Misan, Pak Taufik maupun Hasbiallah,” ungkapnya.
Baca juga: Cegah Jakarta Tenggelam, Menteri dan Gubernur Anies Keroyokan Bangun SPAM

Misan Samsuri merupakan politisi senior partai Demokrat. Putra Betawi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI dan secara berturut-turut telah menjadi wakil rakyat selama tiga periode. M Taufik yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD DKI dan merupakan politisi Kebon Sirih yang populer, namun berada pada perahu yang sama dengan Ariza. Sementara itu, Hasbiallah Ilyas merupakan Ketua Partai dan Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta.

Masyarakat Jakarta harus mencerdaskan diri dalam menatap Pilkada DKI ke depan. Pemimpin Jakarta ke depan, menurutnya, tidak boleh hanya populer di mata publik melalui serangkaian strategi pencitraan, namun juga memiliki pemahaman dan pemaknaan akan kompleksitas masalah Jakarta.

“Bagi saya Pilkada DKI Jakarta 2024 harus memberikan kesempatan kepada figur-figur yang memahami secara holistik kebutuhan dan keinginan warganya daripada hanya dijadikan sebatas ajang kontestasi popularitas para politisi. Sudah saatnya muncul nama-nama calon gubernur yang memiliki kedekatan dan ikatan yang kuat dengan masyarakat serta rekam jejak yang terdokumetasi dengan baik di Jakarta,” ujar Yusuf.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)