Ganjil Genap di 4 Ruas Tol saat Nataru Batal Diterapkan

Senin, 20 Desember 2021 - 14:18 WIB
loading...
Ganjil Genap di 4 Ruas Tol saat Nataru Batal Diterapkan
Sistem ganjil genap di empat ruas jalan tol menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, batal diberlakukan. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Sistem ganjil genap di empat ruas jalan tol menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 , batal diberlakukan. Awalnya ganjil genap di tol ingin diterapkan untuk menekan penyebaran Covid-19.

"Kebijakan tersebut tidak jadi atau setidaknya ditunda," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Senin (20/12/2021).

Sebanyak 4 ruas jalan tol direncanakan diberlakukan ganjil genap, yakni Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kranci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.



Sambodo tidak menjelaskan alasan ganjil genap di tol tersebut dibatalkan. Alasannya kebijakan tersebut dijalankan oleh pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebelumnya mengatakan akan mengeluarkan kebijakan ganjil genap di sejumlah ruas jalan tol dan wilayah aglomerasi, ibu kota provinsi, area tempat wisata, dan wilayah peningkatan mobilitas.



Selain ganjil-genap, pemerintah juga akan menerapkan buka-tutup tempat istirahat (rest area). Kemudian melakukan sistem satu arah (one way), sistem lawan arah (contraflow), serta melakukan tes acak di rest area dan tempat-tempat yang ditetapkan.

"Kita lakukan one-way, contraflow, dan berbagai upaya, yang penting kita akan melakukan random sampling tentang ketaatan mereka tentang PeduliLindungi dengan dua kali vaksin dan melakukan antigen," kata Budi Karya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2096 seconds (0.1#10.140)