Polda Metro Jaya Fasilitasi Pebalap Liar, Begini Konsepnya

Senin, 20 Desember 2021 - 08:01 WIB
loading...
Polda Metro Jaya Fasilitasi Pebalap Liar, Begini Konsepnya
Polda Metro Jaya telah melakukan pemetaan lokasi sirkuit untuk lomba balapan motor pada Januari 2022. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan pemetaan lokasi sirkuit untuk lomba balapan motor pada Januari 2022. Setidaknya terdapat tiga lokasi yang direncanakan menjadi lokasi bagi para 'pebalap liar' tersebut untuk kemampuan.

"Banyak sudah, di antaranya Kemayoran, Ancol, BSD, kemudian di PIK 2. Ada beberapa lokasi lah," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.



Lomba balap motor tersebut merupakan upaya Polda Metro Jaya untuk memfasilitasi kegiatan balap liar di Ibu Kota. Ajang balapan itu akan berkonsep oto bazar dengan diselipi pertunjukan, bazar, hingga kuliner. Ajang balapan ini direncanakan digelar berkelanjutan.

"Mungkin racenya per tiga bulan sekali. Tapi nanti di akhir tahun, race keempat itu adalah final dari para juara-juara," tuturnya.

Tidak menutup kemungkinan Polda Metro Jaya menyiapkan satu lokasi khusus yang bisa digunakan pembalap liar untuk balapan setiap minggunya.

"Ada satu tempat yang memang kita siapkan, boleh digunakan setiap malam minggu. Misalnya untuk mereka balapan di situ dengan resmi," ujarnya.



Ide balapan untuk para pebalap liar ini dilontarkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran pada pekan lalu. Kapolda ingin memfasilitasi kegiatan balapan motor di Ibu Kota untuk mencegah maraknya aksi balap liar yang meresahkan masyarakat.

"Jadi balap liar itu saya fasilitasi, bukan dimusuhi, bukan ditangkapi. Akan saya fasilitasi dia (para pelaku balapan liar)," kata Fadil.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1035 seconds (0.1#10.140)