Sederet Ketangguhan Dream Team Kapolda Metro Jaya yang Curi Perhatian Publik

Senin, 13 Desember 2021 - 17:54 WIB
loading...
Sederet Ketangguhan Dream Team Kapolda Metro Jaya yang Curi Perhatian Publik
Anggota polisi unjuk kebolehan berkendara motor dalam upacara penutupan pelatihan Tim Patroli Perintis Presisi di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (30/11/2021). Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menunjukkan kemampuan sekaligus ketangguhan Tim Patroli Perintis Presisi yang diberi nama Dream Team. Tim ini secara khusus bertugas melaksanakan patroli malam hari. Tim ini dianggap penting, mengingat kebutuhan keamanan masyarakat.

Tim pengamanan kepolisian sebelumnya, termasuk Team Jaguar dan Team Raimas Backbone tidak dibubarkan. Mereka justru akan ditingkatkan lagi.

Baca Juga:
Polda Metro Jaya Terapkan Crowd Free Night pada Malam Tahun Baru

Ketangguhan Dream Team diunggah akun Instagram @kapoldametrojaya, Minggu (12/12/2021). Hingga hari ini sudah 17.082 yang melihatnya. Team ini berjumlah 50 personel. Mereka bukan hanya dibekali senjata, tapi juga ilmu dan perilaku di lingkungan tugasnya nanti.

50 anggota terpilih itu telah mendapatkan ilmu mengenai hak asasi manusia (HAM), kejahatan, cara berkomunikasi yang baik, hingga mengembangkan transformasi organisasi.

Transformasi organisasi maksudnya kemampuan beradaptasi terhadap lingkungan, guna memberdayakan sumber-sumber dan mengintegrasikannya. "Kita bangun semua 50 orang ini, kita didik. Kita didik perspektif tentang HAM, perspektif tentang kejahatan, komunikasi publik, transformasi organisasi, saya akan siapkan motor untuk lima team," kata Fadil.

Baca Juga:
Soal Rachel Vennya, Kapolda Fadil Imran: Kami Usut Tuntas Mafia Karantina

Pertunjukan ketangguhan Dream Team berhasil mencuri perhatian publik. Kemampuan mereka saat menembak di atas motor, bertarung fisik jarak dekat, pengejaran pelaku kejahatan, hingga perlawanan jarak jauh dengan senjata. Mereka telah dibekali seni bela diri judo. Sehingga tak perlu diragukan lagi, dijamin bikin para penjahat tak berani macam-macam.

"Bajunya akan kita seragamkan, kita akan latih judo, kita latih menembak. Jadi nanti ada 10 motor kemudian ada mobil komando di belakang," ujar Fadil.

Baca Juga:
Kapolda Metro Jaya Bakal Fasilitasi Pembalap Liar di Jakarta

Selain ketangguhan fisik yang digojlok, Dream Team juga dibekali sejumlah alat penunjang. Dalam mobil patroli yang mereka gunakan, terdapat alat tes narkoba, alkohol dan cek kebohongan. Bahkan di dalamnya terdapat MAMBIS (Mobile Automated Multi- Biometric Identification System).

MAMBIS merupakan alat pemindai dengan ukuran menyerupai mesin kartu kredit, yang mampu mengidentifikasi melalui sidik jari dan retina mata. "Di situ (mobil) dia bawa peralatan test kit narkoba, test kit alkohol dan MAMBIS. Jadi kalau ada orang yang bohong identitasnya, bisa langsung ketahuan," pungkas Fadil.
(ymn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1103 seconds (0.1#10.140)