Pengmas UI Bekali Masyarakat Kiat Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19

Sabtu, 11 Desember 2021 - 12:35 WIB
loading...
Pengmas UI Bekali Masyarakat Kiat Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19
Pengabdian Masyarakat Departemen Keperawatan Medikal Bedah Universitas Indonesia (U)) berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Departemen Keperawatan Medikal Bedah Universitas Indonesia (U)) berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat. Terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19 saat ini.

Sebagai langkah nyata, tim pengmas menggelar kegiatan edukasi bertajuk "Pola Hidup Sehat Selama Pandemi Covid-19". Acara digelar di balai warga Blok Dahlia, perumahan Bella Casa, Sukmajaya Depok, Sabtu (11/12/2021). Adapun ragam kegiatan yang dilakukan di antaranya pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, dan edukasi kesehatan masyarakat.



Ketua pelaksana Pengmas Departemen Keperawatan Medikal Bedah UI, Sri Yona mengajak warga agar tetap aktif beraktivitas selama pandemi. Menurutnya aktivitas fisik merupakan segala aktivitas yang dilaksanakan, baik di rumah atau di tempat kerja.

Manfaat aktifitas fisik, menurut Sri Yona, ada dua. Pertama, kesehatan fisik. "Ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas, mengurangi tekanan darah, menurunkan berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung stroke, diabetes, dan kanker," kata Sri Yona.

Kedua, kesehatan mental. Tujuannya mengurangi risiko depresi, mengurangi risiko gangguan kognitif, memperlambat terjadinya pikun atau dimensia, dan memperbaiki perasaan secara emosional/sehat mental.

Pengmas UI Bekali Masyarakat Kiat Hidup Sehat di Tengah Pandemi Covid-19


Sri Yona yang juga Ketua Departemen Keperawatan Medikal Bedah UI dalam kesempatan tersebut juga memberikan kiat bagaimana melakukan aktivitas fisik selama pandemi. Pertama, tetap aktif selama kegiatan online (virtual).

"Beri jeda istirahat tiap 20-30 menit dari posisi duduk, dan lakukan stretching atau berjalan dan aktivitas lain," kata Sri Yona.

Kedua, buatlah jadwal rutin untuk beraktivitas. Luangkan waktu minimal 3 kali dalam seminggu untuk beraktivitas sedang, dan ikut kegiatan olahraga online.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)