Tiba di Bandara Soetta, 40 Penumpang Luar Negeri Positif Covid-19

Kamis, 09 Desember 2021 - 13:29 WIB
loading...
Tiba di Bandara Soetta, 40 Penumpang Luar Negeri Positif Covid-19
Sebanyak 40 penumpang asal luar negeri terkonfirmasi positif Covid-19 Mereka diketahui terinfeksi virus Covid-19 setelah tes PCR di Terminal 3 Bandara Soetta. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
TANGERANG - Sebanyak 40 penumpang asal luar negeri terkonfirmasi positif Covid-19 . Mereka diketahui terinfeksi virus Covid-19 setelah menjalani tes PCR setelah tiba di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta Darmawali Handoko menuturkan, sebanyak 40 sample positif tersebut ditemukan sejak dilakukan pencegahan masuknya Covid-19 varian Omicron ke wilayah Indonesia pada akhir November 2021.

Baca juga: Cegah Omicron, Bandara Soetta Perketat Pengawasan Penumpang asal Luar Negeri

“Semua yang positif kami dapatkan di Bandara Soekarno-Hatta, itu kami kirimkan ke Badan Litbangkes untuk dilakukan genome sequencing,” ujarnya, Kamis (9/12/2021).

Seluruh sampel langsung dikirim ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kementerian Kesehatan untuk mengetahui varian dari sampel tersebut. Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, pihak KKP Bandara Soetta belum menerima informasi bahwa sampel positif yang diserahkan terdapat varian Omicron.



"Sampai hari ini, belum dapat info dari Badan Litbangkes bahwa ada hasil genome sequencingnya yang merupakan varian B.1.1.529 atau biasa disebut Omicron," tuturnya.



Handoko menjelaskan, untuk mengetahui varian B.1.1.529 atau Omicron harus dilakukan oleh Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. Sebab metode genome sequencing tidak dapat dilakukan oleh laboratorium-laboratorium PCR biasa.

"Untuk mengetahui varian Covid-19 yang bisa mengeluarkan dari Kemenkes adalah Badan Litbangkes. Karena genom sequencing tidak bisa dengan lab PCR yang biasa. Dia harus pemeriksaan yang lebih spesifik sehingga bisa ditemukan apakah genom ini sesuai dengan Omicron atau tidak," jelas Handoko.

Seluruh penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 saat ini telah mendapatkan penanganan dan dirawat di sejumlah hotel dan juga Wisma Atlet Pademangan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)