Jaga Ekosistem Alam, 1.000 Pohon Mangrove Ditanam di Kepulauan Seribu

Sabtu, 20 November 2021 - 20:40 WIB
loading...
Jaga Ekosistem Alam, 1.000 Pohon Mangrove Ditanam di Kepulauan Seribu
Partai NasDem menggelar bakti sosial antara lain memungut sampah, melepas tukik (bayi penyu) dan burung elang ke alam bebas serta menanam terumbu karang. Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Sebagai wujud tanggung jawab pada kelestarian alam, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem menggelar aksi peduli lingkungan di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Sabtu (20/11/2021). Partai NasDem menggelar bakti sosial antara lain memungut sampah, melepas tukik (bayi penyu) dan burung elang ke alam bebas serta menanam terumbu karang.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan didampingi Anggota Majelis Tinggi NasDem yang juga Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Ketua Dewan Pakar NasDem yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar, serta jajaran pengurus NasDem lainnya.

Selain jajaran pengurus DPP dan DPW NasDem DKI Jakarta, pada acara yang masih rangkaian perayaan HUT Partai NasDem ke-10 ini, turut hadir Bupati Kepulauan Seribu Junaedi dan Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Eko Wahyu Fredian.

Rombongan memulai kegiatan di Pulau Kotok dengan melakukan konservasi alam bawah laut dengan menanam terumbu karang.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, lamun atau sejenis tumbuhan dasar laut sangat berperan dalam menjaga ekosistem bawah laut. Dia secara langsung membantu menurunkan sejumlah bibit lamun ke petugas konservasi yang sudah bersiap menanam lamun di laut.

Setelah selesai menanam bibit lamun, Surya Paloh melanjutkan kegiatan dengan melakukan penanaman 1.000 batang bibit mangrove. Tujuannya agar tidak terjadi abrasi di Kepualaan Seribu. Acara dilanjutkan dengan melepas 200 tukik ke bibir pantai sebagai upaya pelestarian ekosistem secara alami.

Surya mengaku gembira bisa ikut serta dalam kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan alam, agar terjaga dengan baik bagi anak cucu di masa mendatang. "Amat sangat bersuka cita ya kita gembira," katanya.

Diamengakui kegiatan ini juga bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem dan lingkungan secara baik dalam satu sikslus kehidupan.

"Itu menujukkan tingkat kemampuan bangsa ini untuk membuktikan sebuah sistem dan nilai peradaban kita yang semakin tinggi," ucapnya.

Dia mengatakan, apa yang sudah dilakukan oleh Partai NasDem adalah demi kepentingan nasional. Tidak hanya kepentingan hari ini, tapi menyongsong masa depan. "Jelas ini tugas kita bersama termasuk tugas penting dari instansi partai politik seperti NasDem," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1179 seconds (0.1#10.140)