Merajut Asa Kampung Konservasi Ciganjur Bersama Kelompok Stacia Hijau

Sabtu, 06 November 2021 - 05:57 WIB
loading...
A A A
”Kita taulah, apa yang terbaik ada di negeri ini selalu orang luar yang pertama menikmatinya, ayo kita cek?!....Dari udang, kopi dan lainnya, kualitas terbaiknya selalu untuk orientasi ekspor. Sementara kita yang di sini, kebagian kelas KW-nya ha.ha,” kelakar Bongky sambil tertawa lebar.

Kacang Hutan Amazon dan Pengelolaan Sampah

Kegiatan Kampung Konservasi Ciganjur tak jauh beda dengan penanaman mangrove di pesisir muara Cisadane, yakni sama-sama mengajak masyarakat agar gemar menanaman pohon. Dengan banyak menanam pohon udara yang setiap hari kita hirup, akan semakin baik kualitasnya “Apalagi di Jakarta ini, di mana tingkat polusi udara akibat kendaraan di jalan raya sangat tinggi,” kata Mardjuki.

baca juga: Kurangi Sampah Jakarta, DKI Bangun 4 Fasilitas Pengelolaan Sampah dalam Kota

Mardjuki menjelaskan, gerakan Kampung Konservasi Ciganjur ini memadukan konservasi, edukasi, serta kedaulatan pangan skala rumah tangga, hingga pengelolaan sampah di perkotaan. “Kenapa ada sampah,?! Karena pada setiap kegiatan konservasi, persoalan sampah selalu kita temui. Dan hal ini sangat mengganggu, salah satu penghambat proses kegiatan konservasi alam,” kata Mardjuki.

talkshow
Acara talkshow pelestarian lingkungan

Menurut Mardjuki, bicara konservasi, mau tidak mau juga harus bicara sampah. Dia berharap, ke depan sampah dapat dikelola dengan lebih baik lagi, dengan teknologi canggih, dan pastilah banyak alat yang bisa menjadi solusi menangani persoalan sampah di Ibu Kota. “Sampah bisa diupayakan dikelola dan diselesaikan di masing-masing rumah tangga, kelurahan, sampai kecamatan saja. Tidak perlu lagi harus dikumpulkan di satu tempat secara bersamaan, karena bisa menimbulkan bahaya bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya,” harap Mardjuki.

baca juga: Didampingi Anies dan Basuki, Luhut: Penanganan Banjir Jakarta Memerlukan Integrasi

Selain yang telah disebutkan di atas, lanjut Mardjuki,urban farmingjuga menjadi andalan kegiatan Kampung Konservasi Ciganjur. Masyarakat diajak bersama-sama menanam tanaman Sacha Inchi-sejenis tanaman kacang-kacangan, di halaman rumah masing-masing. Tanaman yang berasal dari hutan Amazon ini tumbuh merambat seperti pohon anggur. Di samping bisa sebagai tanaman hias, kacang Sacha Inchi ini, juga merupakan jenis makanan yang masuk dalam katagori super food.

menanam
Ayo! menanam pohon untuk anak cucu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0833 seconds (0.1#10.140)