5 Jalan Tol Terpanjang di Jakarta, Nomor 1 Urat Nadi Transportasi Menuju Pantura

Selasa, 19 Oktober 2021 - 14:57 WIB
loading...
5 Jalan Tol Terpanjang di Jakarta, Nomor 1 Urat Nadi Transportasi Menuju Pantura
Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jalan tol terpanjang di Jakarta, salah satunya Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 83 kilometer (km). Jalan tol ini merupakan urat nadi transportasi yang menghubungkan Jakarta dan Bekasi serta kota-kota lainnya yang berada di Pantura Jawa.

Semakin panjang jalan tol yang dibangun, semakin mudah masyarakat untuk menjangkau tempat tujuannya. Berikut 5 jalan tol terpanjang di Jakarta yang dihimpun Litbang MPI dari berbagai sumber, Selasa (19/10/2021).
Baca juga: Info Tol Jakarta Cikampek: Ada Pekerjaan Rekonstruksi Ruas Cibitung KM 25

1. Jalan Tol Jakarta-Cikampek (83 Km)
Jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai dioperasikan oleh Jasa Marga pada 1988. Jalan tol ini mempunyai panjang 83 km. Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini menghubungkan Jakarta dan Cikampek serta menjadi urat nadi transportasi yang menghubungkan Jakarta dan Bekasi serta kota-kota lainnya di Pantai Utara (Pantura) Jawa. Jalan Tol Jakarta-Cikampek mempunyai 4 lajur untuk 2 jalur, 10 interchange (simpang susun), 27 perlintasan kendaraan, 16 jembatan penyeberangan, dan 18 gerbang tol.

2. Jalan Tol Jagorawi (59 Km)
Jalan Tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) dioperasikan oleh Jasa Marga pada 1978. Jalan tol dengan panjang 59 km ini menghubungkan Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi. Jalan Tol Jagorawi tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lainnya yaitu Jalan Tol Dalam Kota, Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, dan Bogor Outer Ring Road.
5 Jalan Tol Terpanjang di Jakarta, Nomor 1 Urat Nadi Transportasi Menuju Pantura


3. Jalan Tol Jakarta-Tangerang (33 Km)
Jalan tol ini mempunyai panjang 33 km dan mulai beroperasi pada 1984. Jalan tol ini menghubungkan Jalan Tol Dalam Kota Jakarta dengan Jalan Tol Tangerang-Merak yang dioperasikan oleh PT Marga Mandala Sakti. Jalan Tol Jakarta-Tangerang telah terhubung dengan JORR W1 yang menuju ke Tol Sedyatmo.
5 Jalan Tol Terpanjang di Jakarta, Nomor 1 Urat Nadi Transportasi Menuju Pantura


4. Jalan Tol Cawang-Tomang (23,55 Km)
Jalan Tol Dalam Kota mulai dioperasikan pada 1987 oleh Jasa Marga melalui ruas Cawang-Semanggi. Jalan tol sepanjang 23,55 km ini menghubungkan wilayah timur Jakarta yaitu Cawang hingga wilayah barat Kota Jakarta hingga Pluit. Jalan tol ini terintegrasi dengan 4 jalan tol yang menuju berbagai wilayah yaitu Jalan Tol Jagorawi, Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jalan Tol Tangerang-Merak, serta Jalan Tol Sedyatmo.
Baca juga: Hujan Deras, Kolong Tol Cawang Terendam Banjir Mencapai 70 Cm

5. Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok (16 Km)
Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok mempunyai panjang 16 km. Pembangunan jalan tol ini dimulai pada 1987. Jalan layang Cawang-Tanjung Priok dimulai dari Jakarta Interchange seksi Halim Perdanakusuma. Jalan layangnya membentang dari Halim hingga Sunter dan selebihnya sampai Pelabuhan Tanjung Priok merupakan jalan tol at grade.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)