4 Pasar Paling Bersih di Jakarta dan Tangsel, Nomor 2 Raih Adipura 2019

Minggu, 17 Oktober 2021 - 14:17 WIB
loading...
4 Pasar Paling Bersih di Jakarta dan Tangsel, Nomor 2 Raih Adipura 2019
Pasar Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Foto: YouTube YatnovzSky
A A A
JAKARTA - Empat pasar paling bersih di Jakarta dan Tangerang Selatan (Tangsel). Keempatnya yakni Pasar Kramat Jati, Pasar Pondok Indah, Pasar Modern BSD City, dan Pasar Modern Bintaro.

Pasar tersebut mengutamakan kebersihan dan kenyamanan pengunjung. Beberapa di antaranya bahkan dianugerahi penghargaan oleh pemerintah daerah setempat. Berikut 4 pasar paling bersih di Jakarta dan Tangsel dihimpun Litbang MPI dari berbagai sumber, Minggu (17/10/2021).
Baca juga: Pasar Kuliner Ekstrem di Asia, Ada yang Jual Buaya Goreng Krispi

1. Pasar Kramat Jati
Pada 2018 lalu dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54, Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengunjungi sejumlah pasar yang masuk daftar pasar tradisional bersih. Salah satunya Pasar Kramat Jati. Pasar dengan total tiga lantai ini memiliki tata letak yang rapi dan teratur serta kondisi yang cukup bersih. Pembagian lapak penjual juga diatur dengan seksama agar pengunjung merasa nyaman.
4 Pasar Paling Bersih di Jakarta dan Tangsel, Nomor 2 Raih Adipura 2019


Lantai satu merupakan bagian tekstil di mana pengunjung dapat membeli aneka pakaian hingga perlengkapan sekolah. Lantai dua terbagi menjadi beberapa bagian di antaranya bagian logam mulia, penjahit, dan obat-obatan yang berada di bagian depan serta penjahit.

Di bagian belakang, terdapat pasar basah yang berisi pedagang sembako, sayur, hingga daging. Penempatannya diperhatikan agar terlihat rapi. Bagian pengelola pasar dan musala terletak pada bagian paling atas bangunan ini. Pihak pengelola telah menempatkan banyak tempat sampah di setiap lantainya sehingga pengunjung tidak merasa risih dengan sampah yang berserakan di lantai.

2. Pasar Pondok Indah
Penghargaan Adipura 2019 diberikan kepada Pemkot Jakarta Selatan untuk kategori pasar yang bersih. Salah satu pasar yang dinilai adalah Pasar Pondok Indah di Jalan Ciputat Raya, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Pasar yang memiliki total empat lantai dan dibangun sejak 2014 ini dinilai cukup bersih. Karena lantainya yang menggunakan keramik sehingga tidak ada genangan air dan lumpur.

Pembagian zona pedagangnya juga diatur dengan rapi dan terdapat petugas berseragam yang bertugas menyapu sampah yang berserakan di kios-kios. Toilet yang berada di dalam pasar juga terjaga kebersihannya, mulai dari lantai hingga kloset dirawat dengan baik oleh petugas. Pengunjung mengaku puas berbelanja di sini karena kebersihannya.

3. Pasar Modern BSD City
Merupakan tujuan banyak orang untuk berbelanja, Pasar Modern BSD City, Serpong, Tangsel memang terkenal akan kebersihannya. Lahan yang luas, sirkulasi udara baik hingga kelengkapan bahan makanan yang dijual di pasar ini membuat pengunjung yang tidak berdomisili di dekat lokasi pasar tetap datang dan berbelanja. Bahan makanan yang tersedia lengkap, mulai dari buah, sayur, hingga aneka daging. Selain karena pasarnya yang bersih, pengunjung juga gemar berwisata kuliner di pasar ini karena variasi jajanan beragam.
4 Pasar Paling Bersih di Jakarta dan Tangsel, Nomor 2 Raih Adipura 2019


4. Pasar Modern Bintaro
Terletak di Jalan Jenderal Sudirman, kawasan niaga Bintaro Jaya Sektor 7, Tangsel, Pasar Modern Bintaro disebut mirip supermarket karena kebersihannya. Selain itu, lahan yang luas dan terbuka membuat udara di dalam pasar tidak berbau. Pilihan bahan makanan yang ditawarkan pedagang di pasar ini beragam, mulai dari bahan makanan biasa, camilan Indonesia, hingga gerai makanan kekinian seperti makanan khas Korea, pepper rice hingga chicken wings. Buah buahan segar hingga bahan makanan basah seperti hidangan laut dan daging diatur tata letaknya agar tidak membingungkan pengunjung.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)