Setneg Ungkap Alasan Tak Restui Formula E di Monas

Senin, 11 Oktober 2021 - 21:00 WIB
loading...
Setneg Ungkap Alasan Tak Restui Formula E di Monas
Setneg mengungkap alasan pihaknya tidak merestui penyelenggaraan Formula E di kawasan Monas, Jakarta. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Sekretariat Negara ( Setneg ) mengungkap alasan pihaknya tidak merestui penyelenggaraan Formula E di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Menurut Staf Khusus Mensesneg Faldo Maldini, alasannya khawatir merusak cagar budaya di kawasan tersebut karena adanya getaran dari balapan mobil. "Lewat diskusi yang mendalam dan dialog cukup intensif terkait ini sampailah pembicaraan untuk menggunakan lokasi lain mengingat getaran dan berbagai risiko yang berpotensi merusak cagar budaya Monas," ujar Faldo, Senin (11/10/2021).
Baca juga: Pemprov DKI Tunggu Hasil Survei untuk Tentukan Tempat Perlombaan Formula E

Namun, untuk Jalan Medan Merdeka baik sisi timur, selatan, dan barat sampai putaran balik di depan Gedung Radio Republik Indonesia (RRI) tidak ada larangan.

Dia menyebut pemerintah pusat dan Pemprov DKI terus mengkoordinasikan hal ini. Kedua belah pihak sepakat untuk mencari lokasi dan solusi terbaik untuk ajang balap mobil ini. "Pemerintah pusat dan daerah terus koordinasi. Semua kemungkinan terbaiklah yang ingin kita capai, terutama lokasi," kata Faldo.
Baca juga: Monas Batal Jadi Tempat Balapan Formula E, 5 Tempat Jadi Alternatif

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan Formula E batal digelar di Monas. Hingga kini Pemprov DKI masih mencari alternatif tempat lain. "Di Monas itu kan ring 1. Dari pemerintah pusat belum memungkinkan di situ. Kita mencoba mengerti dan memahami. Untuk itu kita cari alternatif lain. Ada 5 pilihan alternatif yang belum bisa saya sampaikan pada saat ini," ujarnya, beberapa waktu lalu.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)