Pipa PDAM Bocor, Pasokan Air Bersih 45 Kelurahan di Kota Bogor Terhenti

Minggu, 03 Oktober 2021 - 21:19 WIB
loading...
Pipa PDAM Bocor, Pasokan Air Bersih 45 Kelurahan di Kota Bogor Terhenti
Pasokan air bersih ke 45 kelurahan di Kota Bogor dihentikan sementara karena ada perbaikan kebocoran pipa transmisi air baku 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng pada Senin 4 Oktober 2021. Foto/SINDOnews
A A A
BOGOR - Pasokan air bersih ke 45 kelurahan di Kota Bogor dihentikan sementara karena ada perbaikan kebocoran pipa transmisi air baku 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng pada Senin 4 Oktober 2021. Masyarakat diimbau untuk menampung air sejak dini.

Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Rino Indira Gusniawan mengatakan, kebocoran pipa itu berada di proyek rel ganda Bogor-Sukabumi, Kelurahan Gunung Gadung, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor.

"Hari Kamis kemarin, kami dapat laporan ada genangan air di sekitar proyek rel ganda. Kami curigai dari pipa transmisi kami sebesar 1.000 milimeter," kata Rino, kepada wartawan, Minggu (3/10/2021). (Baca juga; Pelaku Industri Rumahan di Kota Bogor Dilatih Kewirausahaan Digital )

Saat dilakukan pengecekan oleh petugas, terdapat indikasi kebocoran pipa transmisi air baku 1.000 milimeter jalur Intake Ciherang Pondok-IPA Dekeng. Dari situ, langsung dilakukan rencana perbaikan mulai Senin 4 Oktober 2021.

"Kami siapkan tenaga, karena tidak bisa menggali dengan alat berat atau backhoe. Kami menurunkan 15 pekerja untuk menggali sejak Jumat dan Sabtu. Jadi nanti tinggal melakukan penutupan," jelasnya.

Rino mengatakan, pihaknya akan menekan seminimal mungkin dampak dari perbaikan ini. Kemungkinan, pasokan air mulai terhenti sementara pada siang hari. (Baca juga; 4 Oktober, Kota Bogor Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk SMP dan SMA )

"Karena itu kita memilih waktu perbaikan Senin dengan estimasi perbaikan 12 jam. Saat perbaikan, kemungkinan pipa akan ditutup pada pukul 05.00 WIB, mungkin air berhenti pada Senin siang," tuturnya.

Hingga saat ini, Perumda Tirta Pakuan juga masih terus berkoordinasi dengan kontraktor proyek rel ganda untuk membahas kebocoran pipa tersebut. Sebab, ada sekitar 70.000 pelanggan dari 45 kelurahan di Kota Bogor terdampak penghentian pasokan air.

"Memang kondisinya pipa selalu menjadi korban, karena pipa tidak terlihat di permukaan. Jangankan di proyek rel ganda, banyak yang bocor karena proyek infrastruktur di Kota Bogor. Karena ini jumlah pelanggan terganggu sekitar 70.000, tapi kami persingkat waktu terganggunya," ujar Rino.

Sementara itu, Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Ardani Yusuf mengatakan, dampak perbaikan pipa bocor tersebut menyebabkan pasokan air terhenti. Sebagai antisipasi, akan disiapkan 14 mobil tangki untuk melayani pelanggan yang terdampak.

Masyarakat diminta menampung air bersih sejak dini agar kebagian jatah air bersih. "Pengisian tangki yang disiapkan di Perumahan Bogor Lakeside, Jalan Pandu dan Siliwangi," ucap Ardani.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1399 seconds (0.1#10.140)