4 Oktober, Kota Bogor Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk SMP dan SMA

Jum'at, 24 September 2021 - 20:05 WIB
loading...
4 Oktober, Kota Bogor Gelar Pembelajaran Tatap Muka untuk SMP dan SMA
Disdik Kota Bogor berencana membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas secara serentak untuk tingkat SMP dan SMA pada Senin, 4 Oktober 2021.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
BOGOR - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor berencana membuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas secara serentak untuk tingkat SMP dan SMA pada Senin, 4 Oktober 2021. Saat ini, tengah dilakukan persiapan secara terperinci dengan pihak terkait.

"Kami sedang proses verifikasi faktual secara bertahap sejak 16 September. Dari tahap awal ada 50 SMP Negeri dan Swasta, 43 SMP sudah sesuai juknis sementara 7 SMP lainnya harus melengkapi persyaratannya dulu. Hari ini kami lanjut verifikasi faktual 27 SMP swasta," ungkap Kadisdik Kota Bogor Hanafi dalam keterangannya, Jumat (24/9/2021).

Hanafi mengatakan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh sekolah sebelum PTM. Seperti dua persyaratan dokumen, lima personel pendukung, 19 sarana prasarana, 20 protokol kesehatan, prosedur pembelajaran, enam prosedur kesehatan, kebersihan dan keamanan, lima prosedur pelatihan dan humas.

Dua dokumen tersebut yakni rekomendasi Satgas Covid-19 Kota Bogor dan Surat Keputusan (SK) Kadisdik, lima personel pendukung mulai dari petugas pemeriksaan suhu, pengawas prokes, kebersihan dan desinfeksi ruangan, pemeriksaan prokes Covid-19 masuk dan keluar serta Satgas Covid-19 sekolah.

Sementara 20 sarana prasarana di antaranya ruang UKS, ruang transit isolasi, posko gabungan satgas Covid-19, fasilitas mencuci tangan dan hand sanitizer, alat pengukur suhu, desinfektan dan masker cadangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya klaster sekolah seperti di wilayah Jawa Tengah.

"Kami juga cek bangunan sekolah dan menuntaskan target 80% vaksinasi dosis satu bagi anak sekolah," ujar Hanafi.

Selain itu, pihaknya juga berkoordinasi dengan KCD dan Disdik Jawa Barat yang membawahi SMA dan Kementerian Agama Kota Bogor yang membawahi MTS/MA agar ada langkah bersama membuka PTM terbatas serentak di Kota Bogor dengan mengacu Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

"Harapan kami PTM bisa dibuka serentak SMP/MTS, SMA/SMK/MA dengan kuota peserta maksimal 50%, baru setelah ini menyusul SD," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1520 seconds (0.1#10.140)