Jalur Layang Bogor Line Sudah Beroperasi, Begini Situasi di Stasiun Manggarai

Senin, 27 September 2021 - 09:36 WIB
loading...
Jalur Layang Bogor Line Sudah Beroperasi, Begini Situasi di Stasiun Manggarai
Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (27/9/2021). Foto: MNC Portal/Indra Purnomo
A A A
JAKARTA - Jalur layang Bogor Line di Stasiun Manggarai , Jakarta Selatan, sudah mulai beroperasi sejak Sabtu 25 September 2021 malam. Pemindahan jalur Bogor di stasiun ini juga berpindah ke lantai 2.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, tampak para calon penumpang kereta api melakukan scan barcode melalui aplikasi PeduliLindungi menggunakan telepon pintar (smartphone) untuk bisa masuk ke Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (27/9/2021). Baca juga: Jalur Layang Bogor Line di Stasiun Manggarai Sudah Beroperasi

Terlihat juga petugas sedang berjaga di boarding ticket Stasiun Manggarai. Para calon penumpang kereta api tujuan Bogor bergegas naik ke lantai 2. Di lantai 2 tampak petugas yang sedang berjaga. Banyak para calon penumpang menanyakan jalur Bogor ke para petugas. Mengingat baru Sabru kemarin jalur layang ini beroperasi.

"Ini jalur Bogor kan ya Pak?" tanya calon penumpang di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Senin (27/9/2021).

"Iya, betul. Peron jalur 12 ya, Bu. Silakan ibu lewat sini. Hati-hati, Bu," jawab petugas.

"Tunggu keretanya munduran sedikit ya, terima kasih," kata petugas lagi.

Sementara itu,Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus Gagok mengatakan, pemindahan jalur KRL Bogor Line yang tadinya di bawah (at grade) dipindah ke jalur 10, 11, 12, dan 13 di lantai 2. Baca juga: Stasiun Manggarai Kian Menarik, Jalur Layang Bikin Perjalanan KRL Semakin Efisien

Menurutnya, jalur yang menjadi bagian dari Pengembangan Stasiun Manggarai dalam kerangka pembangunan Jalur Dwi Ganda Manggarai-Cikarang itu telah dilakukan serangkaian pengujian. Jalur layang Bogor line itu juga bisa diakses dengan escalator, lift, dan tangga manual yang sudah dibangun.

Selain itu, bagi penumpang yang akan menggunakan KRL, bisa mengakses peron melalui Pintu Barat Stasiun, tepatnya ke arah Pasaraya Manggarai. Beroperasinya jalur itu mengurangi penyebrangan penumpang di area Stasiun Manggarai.

"Sebab, sebagai stasiun tersibuk yang melayani ribuan penumpang dalam tiap harinya, potensi insiden kecelakaan di Stasiun Manggarai sangat tinggi," kataRode melalui keterangan tertulisnya, Minggu (26/9/2021).

Selain itu, kata dia, bisa memudahkan perpindahan penumpang Bogor Line ke Tanah Abang karena berada dalam satu gedung. Begitu juga dengan penumpang KA Bandara, memudahkannya berpindah moda transportasi.

Ada pun untuk layanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Bogor/Depok-Jakarta Kota akan dilayani pada peron jalur 10 atau 11 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai. Sedangkan pelayanan naik dan turun pengguna KRL Lin Sentral relasi Jakarta Kota - Bogor/Depok Kota akan dilayani pada peron jalur 12 atau 13 di lantai 2 bangunan baru Stasiun Manggarai.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1884 seconds (10.177#12.26)