Antisipasi Banjir, Pemkot Jakut Operasikan 3 Waduk Baru sebagai Kolam Retensi

Kamis, 23 September 2021 - 23:02 WIB
loading...
Antisipasi Banjir, Pemkot Jakut Operasikan 3 Waduk Baru sebagai Kolam Retensi
Pemkot Jakarta Utara mulai mengoperasikan tiga waduk baru yakni Waduk Belibis, Kesatrian, dan Rawa Malang yang berlokasi di Kecamatan Cilincing. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Dalam upaya menghadapi musim hujan , Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mulai mengoperasikan tiga waduk baru yakni Waduk Belibis, Kesatrian, dan Rawa Malang yang berlokasi di Kecamatan Cilincing.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Utara Adrian Mara Maulana mengatakan, tiga waduk ini masih dalam tahap pengerjaan yang berfungsi sebagai kolam retensi.

"Di Jakarta Utara ada tiga waduk yang sedang kita kerjakan. Ada Waduk Belibis, Kesatrian, dan Rawa Malang," kata Adrian saat dikonfirmasi, Kamis (23/9/2021).

Menurut Adrian, hingga saat ini, diperkirakan progres pengerjaan waduk berkisar lima puluh persen. Sehingga bisa menampung air hujan dan nantinya kembali dialirkan melalui saluran air yang bermuara ke laut menggunakan mesin pompa mobile.

"Waduk itu sudah bisa kita uji coba di musim hujan tahun ini. Pengerjaannya harus berjalan karena standar waduk harus ada misalkan site pile dan in-out (aliran air keluar masuk). Sementara ini juga kita masih menggunakan pompa mobile di sana," tutupnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)