Memasuki Musim Penghujan, DKI Kebut Pengerukan Kali dan Waduk

Kamis, 16 September 2021 - 11:24 WIB
loading...
Memasuki Musim Penghujan, DKI Kebut Pengerukan Kali dan Waduk
Memasuki musim penghujan, Pemprov DKI terus gencarkan upaya preventif untuk meminimalisir genangan. Foto: @dinas_sda
A A A
JAKARTA - Memasuki musim penghujan , Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI terus gencarkan upaya preventif untuk meminimalisir genangan. Salah satunya melakukan kegiatan pengerukan atau pengurasan saluran, kali, waduk melalui kegiatan Gerebek Lumpur di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Dinas SDA DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya dan gerak cepat dalam pengendalian dampak musim hujan. Salah satunya melakukan kegiatan pengerukan atau pengurasan saluran/ kali/ waduk melalui kegiatan Gerebek Lumpur di seluruh wilayah Provinsi DKI Jakarta,” tulis @dinas_sda dalam caption Instagram, Kamis (16/9/2021).

Sehingga saat hujan, kali dan waduk dapat menampung debit air yang meningkat dan air akan mengalir lancar dan mencegah banjir.

Pelaksanaan pengerukan waduk dilakukan di beberapa wilayah Jakarta. Salah satu wilayah Gerebek Lumpur adalah pengerukan lumpur Waduk Ria-Rio Kecamatan Pulogadung, Kelurahan Kayuputih oleh Sudin SDA Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut guna memperbesar kapasitas tampungan air Waduk Ria-Rio.
Kegiatan ini untuk memperlebar dan memperdalam waduk guna meningkatkan tampung air sehingga tidak meluap dan menggenangi wilayah di sekitar aliran air.

Diketahui, kegiatan tersebut mengerahkan 5 unit alat berat. Selain itu, rencana pengerukan dengan luas 69.212 m2.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2196 seconds (0.1#10.140)