Bahayakan Ibu Hamil dan Bayi, Komnas PA dan YLKI Dukung Pelabelan Kemasan Plastik Mengandung BPA

Rabu, 15 September 2021 - 11:37 WIB
loading...
A A A
“Maka dari ituperlu adanya satu label, apakah produk tersebut berbahayaatau tidak, agar konsumen tahu. Jadi semua produk yang mengandung zat berbahaya harus diberi label. Baik itu produk kemasan makanan, air minum maupun mainan anak-anak. Jika itu tidak diberikan informasi atau pelabelan tentu sangat merugikan konsumen,” jelas Sularsi.

YLKI sangat setuju dengan usulan pelabelan ini sepanjang yang diuntungkan adalah masyarakat atau konsumen. “Sangat setuju. Buat kami sepanjang ada penelitiannya dan itu ternyata tidak aman buat masyarakat maka negara yang punya wewenang untuk melakukan pengawasan. Karena bayi dan anak-anak adalahmasa depan kita. Jangan sampai kena racun dari sedini mungkin, kalau perlu bebas racun karena akan menjadi satu paket dalam pembangunan nasional," ucapnya.

Lebih lanjut Sularsi juga menggarisbawahi bahwa bukan hanya kemasan plastik yang mengandung zat BPA saja yang harus dilabeli,tetapi secara lebih luas lagi konsumen juga perlu adanya informasi terkait makanan dan minuman.

“Kalau dilakukan pelabelan pada kemasan sangat bagus, apakah aman atau tidak. Jadi itu ada warningnya. Kita sudah ada standar SNI yang mengatur batas ambang zat tertentu yang diperbolehkan dan yang tidak dalam kemasan maupun makanan. Kesehatan bayi, balita dan janin pada Ibu hamil menjadi perhatian kita bersama. Oleh sebab itu menjaga anak-anak sejak dini agar tidak kemasukan zat-zat yang berpotensi memberbahayakan kesehatan seperti zat BPA menjadi sangat penting," katanya.
(hab)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)