Kereta Hantu Manggarai, Cerita Horor KRL Jakarta-Bogor yang Melegenda

Selasa, 14 September 2021 - 19:35 WIB
loading...
Kereta Hantu Manggarai, Cerita Horor KRL Jakarta-Bogor yang Melegenda
Kereta Hantu Manggarai. Foto: YouTube Rizky Alfajar
A A A
JAKARTA - Kisah Kereta Hantu Manggarai sudah tidak asing lagi bagi para penumpang yang kerap menggunakan KRL Commuter Line Jakarta-Bogor. Cerita horor KRL Jakarta-Bogor ini begitu melegenda, bahkan sampai dijadikan film misteri.

Dikutip dari kereta-api.info, Selasa (14/9/2021), peristiwa Kereta Hantu Manggarai terjadi pada 12 Desember 2003. Saksi hidupnya bernama Sutrisno, penjaga pintu perlintasan KRL Bukit Duri di Jakarta Selatan yang pernah melihat kereta hantu pernah sekali menampakkan diri.
Baca juga: Serem!! Laki-laki Ini Naik Kereta Hantu dari Stasiun Cikini

Saat itu, Sutrisno mengaku kaget karena mendengar suara sirine yang tiba-tiba berbunyi menandakan akan ada kereta melintas di jalur tersebut. “Padahal, waktu itu baru pukul 04.00 WIB. Setahu saya, jam segitu belum ada kereta yang beroperasi,” ujarnya.

Rasa kagetnya makin menjadi saat Sutrisno melihat dengan mata kepalanya sendiri kereta tersebut sama sekali tidak berawak dan tidak juga mengangkut penumpang. “Yang saya ingat kereta itu menarik 4 gerbong dengan kondisi nggak ada penumpang dan nggak ada masinis serta dalam keadaan gelap,” ucap Sutrisno.

Sebelum Sutrisno, ada juga Slamet yang mengaku melihat kereta hantu melintas. Slamet saat itu menjaga perlintasan kereta di Jalan Arief Rahman Hakim, Depok. “Baru saja terlelap tidur tiba-tiba bel di dalam pos dan sirine berbunyi. Saya langsung kucek-kucek mata melihat jam yang baru menunjukkan pukul 03.30 pagi,” tuturnya.

Tanpa curiga, dia kemudian menutup palang pintu dan membiarkan kereta yang melaju dengan kecepatan 60 km/jam itu untuk terus melaju. Kereta tersebut tidak berhenti di Stasiun Depok Baru, padahal normalnya hanya KRL Ekspress yang tidak berhenti di stasiun tersebut.

“Jumat dini hari saat KRL meluncur. Saya sempat merinding bulu kuduk di leher dan tangan. Namun, saya anggap itu karena terpaan angin dari KRL yang lewat saja,” ucap Slamet.
Baca juga: Kisah Misteri Danau Sunter yang Terdapat Pulau Kecil, Konon Istana Mariam Jembatan Ancol

Muhyar yang saat itu menjabat Wakil Kepala Stasiun Manggarai juga tak menampik kabar tersebut. Meski demikian, dia mengakui bahwa memang ada kereta yang beroperasi di luar jadwal pada hari itu. “Menurut informasi yang saya terima kereta tersebut melintas di jalur tiga dan berhenti di tanjakan arah Stasiun Cikini,” ujarnya.

Kepala Humas PT KA Daop Jabotabek Zainal Abidin yang saat itu menjabat juga meyakinkan masyarakat bahwa yang melaju tersebut memang kereta hantu. “Secara teknis, jadwal operasional kereta Jabotabek itu sekitar pukul 05.00 WIB. Yang bikin saya tambah heran, kereta tersebut meluncur tanpa ada pasokan aliran listrik. Rasanya kalau ada orang yang sengaja iseng menjalankan kereta nggak mungkin. Sebab, rangkaian kereta yang sudah masuk kandang itu pasti dikunci dan nggak mungkin ada orang yang bisa menjalankan,” ungkapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)