2 Gembong Narkoba Asal Afrika dan Portugal Ikut Tewas Terbakar di Lapas Tangerang

Rabu, 08 September 2021 - 13:15 WIB
loading...
2 Gembong Narkoba Asal Afrika dan Portugal Ikut Tewas Terbakar di Lapas Tangerang
Menkumham, Yasonna Laoly melaporkan dua Warga Negara Asing (WNA) dilaporkan ikut tewas terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang, tadi malam. Foto/SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG - Dua Warga Negara Asing (WNA) dilaporkan ikut tewas terbakar dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di Lapas Kelas I Tangerang , tadi malam. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly.

Selanjutnya, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak kedutaan besar negara-negara WNA yang dilaporkan tewas tersebut.

"Ada dua WNA, satu WNA Portugal dan satu Afrika Selatan. Kami sudah kerja sama dengan menlu dan kedutaan besar dari negara yang bersangkutan," ujar Yasonna, di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Dilanjutkan dia, dari 41 orang narapidana itu, beberapa di antaranya merupakan kasus pembunuhan, satu korupsi dan sisanya narkoba. Kasus narkoba dominan di Lapas ini.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Rika Aprianti mengatakan blok narapidana yang terbakar berada di Blok C2 dan sudah over kapasitas.

"Kalau kondisi lapas memang sudah over capacity ya. Dari kapasitas yang seharusnya hanya 40, tapi diisi 120-an orang," kata Rika.

Dijelaskan dia, untuk Lapas Kelas I Tangerang, ada 19 sel tahanan. Setiap sel seharusnya diisi 40 tahanan. Namun saat ini diisi oleh 120-an tahanan. Secara keseluruhan Lapas Kelas I Tangerang hanya diisi oleh 900 tahanan saja, namun saat ini diisi oleh 2.069 orang.

"Tentunya over capacity ini bukan alasan, tapi tantangan yang harus kami hadapi. SOP tetap kami jalani, tetap berjalanan, apalagi penanganan kebakaran seperti ini," jelasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)