DKI Berencana Buka Sekolah Setiap Hari di Minggu Ketiga PTM Terbatas

Rabu, 01 September 2021 - 22:30 WIB
loading...
DKI Berencana Buka Sekolah Setiap Hari di Minggu Ketiga PTM Terbatas
Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana membuka sekolah setiap hari di minggu ketiga pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Pendidikan DKI Jakarta berencana membuka sekolah setiap hari di minggu ketiga pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas. PTM telah dimulai pada Senin, 30 Agustus 2021. PTM diselenggarakan di 610 sekolah, mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK. Untuk madrasah berjumlah 23 sekolah.

"Dua minggu pertama ini kan siklus 14 harinya lewat. (Jika) aman dan tidak ada apa-apa, maka kalau sekarang sekolah dibuka sehari, lalu sehari ditutup, sehari masuk kan sehari disinfektasi. Kemudian di minggu ketiga kita mulai sekolah buka tiap hari," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana dalam diskusi virtual Rabu (1/9/2021).
Baca juga: Pemkab Bekasi Uji Coba PTM Terbatas 3-4 September, Syarat Kunci Izin Orang Tua Siswa

PTM terbatas di Jakarta hanya berjalan selama tiga hari per seminggu yakni hari Senin, Rabu, dan Jumat. Sedangkan, Selasa dan Kamis merupakan jadwal penyemprotan disinfektan di ruang kelas.

Nahdiana memastikan metode pembelajaran campuran atau blended learning diberlakukan dalam kegiatan PTM meskipun sekolah dibuka setiap hari. Dalam sehari, sebagian siswa akan ke sekolah, sedangkan sisanya melakukan pembelajaran secara daring.
Baca juga: Psikolog Sarankan Sekolah Tatap Muka Dilakukan Bertahap

"Apakah anak-anak kita akan masuk tiap hari? Tidak, karena harus bergantian. Bisa saja, katakan yang SD kali ini kelas 6. Itulah yang kita latih dalam blended learning,” jelasnya.

"Karena pilihannya di sekolah, katakan rasio 32 per kelas, dengan kondisi PTM terbatas rasionya menjadi 50 persen maksimum. Artinya, dalam sehari anak-anak sebagian harus di rumah," tambah Nahdiana.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)