Perubahan Warna Pelat Kendaraan dari Hitam ke Putih Dilakukan Bertahap

Senin, 23 Agustus 2021 - 11:30 WIB
loading...
Perubahan Warna Pelat Kendaraan dari Hitam ke Putih Dilakukan Bertahap
Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.Foto/MPI/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Ditlantas Polda Metro Jaya menyatakan perubahan warna pelat nomor kendaraan bermotor dari hitam ke putih untuk mempermudah penilangan elektronik (E-TLE) dan membutuhkan persiapan yang tidak mudah. Namun, proses pengganti warna pelat ini dilakukan secara bertahap karena banyaknya jumlah kendaraan bermotor.

"Kebijakan penggantian jenis pelat nomor dari hitam ke putih ada di level pusat dalam hal ini Korlantas Polri. Tentu ada beberapa tujuan salah satunya plat nomor dengan dasar putih lebih eye catching tertangkap kamera E-TLE," ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Minggu (22/8/2021) sore di Mapolres Jakarta Selatan.

Dia mengaku belum tahu kapan pemberlakuan perubahan pelat kendaraan dari hitam menjadi putih."Kita masih menunggu aturan pelaksanaan dari Korlantas Polri," kata Sambodo. Baca: Viral Oknum Polisi Lempar SIM Pengendara Mobil, Netizen: Enggak Dapat Duit Jadi Kayak Gitu?

Sambodo menuturkan, pergantian pelat kendaraan dari hitam ke putih akan membutuhkan persiapan yang kompleks."Karena ini akan banyak sekali kendaraan yang diganti secara bertahap dari pelat hitam ke pelat putih, tentu ini membutuhkan persiapan-persiapan yang tidak mudah," ucapnya.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0916 seconds (0.1#10.140)